memang kita sebagai manusia ada kalanya kita salah kaprah terhadap sesuatu, misalnya ketot atau regulator atau pada aslinya dia adalah key out, pada sistem pengisian kendaraan key out berfungsi untuk mengatur arus yang masuk untuk aki. sehingga sangatlah fital, tetapi karena beberapa faktor salah satunya lidah indonesia maka ada yang berubah dari istilah istilah dari bagian kendaraan tersebut.
bila sebelumnya kita membahas ketot, kita sedikit bergeser, matic. semua biker pasti pernah mendengar motor jenis ini, tetapi apa benar motor matic?? oo sabar, ada yang harus kita luruskan. apakah mio, beat ataupun next juga matic?? emmhh saya rasa bukan matic tetapi CVT(continouosly variable transmission)atau sistem transmisi secara otaomatis terus menerus. kalau matic ya kendaraan yang mempunyai transmisi yang bisa mengoper/berganti secara otomatis dari 1 ke 2 sampai seterusnya atau sebaliknya sesuai dengan kebutuhan mesin atau beban mesin. nah kedua mesin ini sangatlah berbeda, tetapi keduanya sama-sama untuk mempermudah pengendara dalam berkendara.
untuk sistem CVT, transmisi ini memiliki beberapa kelebihan, selain lebih ringan dari segi bobot transmisi ini lebih murah dalam hal produksi tetapi ada beberapa kelemahan yang sering muncul pada transmisi jenis ini. selain rentan pada air, debu dan oli. ketiga musuh ini sangat diwaspadai. makanya kita sering melihat tabung box diatas CVT atau samping kiri kendaraan disebelah sekok belakang! box itu adalah salah satu akses udara pendingin untuk CVT yang didesain sangat rapi dan rapat. khususnya dari debu, air dan tentunya oli.
nah sedikit berbeda dengan matic, sistem ini memiliki keistemewaan yang lebih dari pada transmisi lain. selain lebih awet pada kecepatan yang konstan atau stabil kendaraan lebih itir bahan bakar. tetapi ada sedikit ribet karena ada beberapa komponen tuas yang harus disetel atau disesuaikan dengan medan kondisi jalan. P: (park) posisi parkir, mesin tidak hidup dan roda tidak bisa berputar. R: (return) untuk posisi mundur, N: (netral) posisi diam, kendaraan posisi diam mesin hidup dan roda dapat berputar. D: (drive) pada saat jalan, bisa gigi 1 samapi dengan 3 bahkan bila over drive aktif gigi samapi 4 saat kondisi jalan rata. 2: untuk jalanan yang menanjak ataupun turunan. L: (low) untuk model jalanan yang ada tanjakan dan turunan curam. cukup banyak kan??
nah dari sini kita dapat mengetahui perbedaan antar matic dan cvt, semoga ini menjadikan kita lebih cerdas.
tetap sehat, tetap semangat!
Nice info Kang
roda dua yang ada di Indonesia transmisinya pakai CVT, kurang tau untuk kendaraan di luar sana macam Eropa ato Amerika..
kalo transmisi matic biasanya di mobil, macam CRV, Xtrail de el el..
mmmmm, mobil ada yang pake transmisi CVT gak yach?
dulu pernah honda pake.. lupa jenisnya, sedan klo g salah bro.. dan akhirnya, hanya beratahan sementara,, karena bahan bakunya mahal..
lah itu, Honda Jazz pake CVT
bener!!!!
nice info mas bro
siapp ndan..
wow…
mantap infonya 😀
yuhu…
info bagus sob
sipp
http://en.wikipedia.org/wiki/Automatic_transmission
di sana juga ada tuh CVT masbro, memang jenis ini cenderung berbeda dengan matik biasa yang memakai girboks, karena memakai puli dan belt, tapi prinsipnya sama, yaitu automated transmission (transmisi yang diotomatiskan)
mobil yang pakai CVT antara lain Honda Jazz, Honda City, Nissan X-Trail…………..
http://www.nissan.com.au/webpages/models/X-TRAIL.html
http://www.autoexpress.co.uk/carreviews/firstdrives/29310/honda_jazz_cvt7.html
Honda City jelas CVT karena sama basis dengan Jazz
transmisi CVT memungkinkan sebuah mobil memiliki perbandingan gearing yang jauh lebih banyak daripada sistem matik girboks (Honda Jazz CVT aja punya 7 speed gearing)
jadi, CVT adalah benar transmisi otomatis dan bukan merupakan salah kaprah, karena CVT pada motor dan mobil adalah sama pada prinsipnya, hanya saja sistem kerjanya disederhanakan pada motor. Sebetulnya, walaupun motor CVT terasa hanya memiliki satu tingkat kecepatan saja, pada hakikatnya sistem tersebut menaikkan tingkat percepatan masbro (hanya saja tidak sejelas CVT mobil yang memiliki perbandingan speed 1-7 misalnya)………kalo engga, ya mesin jebol
mohon dikoreksi dan dimaafkan apabila salah
sip deh,,,,,,,ane dah nyangka,,,,,motor itu cuma CVT, kalo mobil ya ada yang matic
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/17/yamaha-byson-cuma-sekedar-ganti-warna/
matic is easy….