Archives for category: belajar oto

ketika saya masih galau naik pio 225 memang merasakan beberapa kanehan terutama sistem peredam kejutnya.

saya kira itu baik baik saja, setelah saya gali dan mencari beberapa sumber dan ternyata sekok belakang saya rusak. sakit hati ini.. xixi

saya beranikan tanya ke beberapa temen pio 225, ternyata sungguh mengagetkan, banyak dari mereka telah ganti sekok belakang dengan sekok bawaan atau bahkan beberapa merek lain, yss atau apalah..

karena salah satu kelemahan pi0 225 adalah kekuatan sekok belakang, yang saya tangkap dari masalah ini adalah R nD yamaha menerapkan konstruksi yang kurang pas, sehingga sekok bekerja diluar batas kewajaran dan tidak awet.  kalau saya boleh urun rembuk, motor pio 225 dilengkapii dengan monocross seharusnya tahan banting dan kuat, ternyata??

ada kemungkinan sistem monocross harus ditopang dengan sekok yang lebih baik, dengan kata lain memang ada kesalahan perhitungan kekuatan bahan pada sekok pio 225. dan mungkin yang harus saya sadari saya belinya motor seken, maklum masih terlalu  mahal untuk ukuran motor baru! xixixi

belajar touring

belajar touring

saat tahu bahwa sekok saya juga salah satu korban suntika dalah saat mlihat ada sosok aneeh pada tabung sekok saya yang kurang rata (seperti cacat) dan ternyata itu adalah sala satu bekas suntikan.

penasaran, apa yang disuntik??

hehe

biar wis… pokoknya tabung ini juga sangat penting, tidak hanya ulir saja yang berperan dalam keseimbangan kendaraan.

yang biasa dipermak adalah bagian ini, tabung sekok!

tahu fungsinya?? supaya pantulan per dari sekok tidak mentul mentul, atau berfibrasi berlebih. sehingga pantulan setelah melawati jalan bergelombang bisa segera berakhir. istilahnya rebound(kembali memantul), yang berlebihan.

cara kerjanya, pada saat motor melewati jalan bergelombang maka sekok akan bekerja, naik sehingga oli dalam tabung akan terpompa kebagian atas melawati celah besar, pada saat per kembali memantul oli pada tabung bagian atas akan pindah kebawah denganukuran lubang yang lebih kecil, sehingga aliran oli akan sedikit terhambat. ini penyebab per lambat kembalinya dan tidak mentul mentul/ rebound berlebih.

intinya, per untuk diatur untuk tinggat keras empukya saat turun, dan tabung ini diatur utuk cepat atau lambatnya sekok itu memanjang.

semakin enceer oli yang dipakai, semakin mentu mentul dan sebalinya, semakin kental olinya semakin lambat pula gerakan per tersebut.

 

Iklan

hehe taraa muncul lagi saya..

memang bila ngomongin peranti ini tidak ada habisnya,

langsung aja ya..

giliran grip gas terus dipuntir maka kevakuman dalam mesin akan meeningkat, dan tentunya skep akan terbuka penuh. karena skep terbuka penuh maka udara semakin lancar lewatnya dan mesin semakin meraung-raung.. hehe

ini sebabnya karbu vakum terkesan lemot. lambat, karena skep vakum membuka lebar sesuai dengan kevakuman mesin.. ini dalah kelemahan nya, kurang agresif getoo

karena skep vakum membuka sesuai dengan kevakuman mesin, maka kecepatan membukanya disesuiakan demi efisiensi bahan bakar, makanya irit.

salam…

mohon maaf karena kegiatan yang tidak bisa diganggu gugat, atrikel ini sepotong potong ..

*kayak roti ultah ajachh.. hehe

berikutnya pada saat putaran menegah,

saat putaran mesin meraung sekitar 3000 sampai 6000 RPM maka kinerja karbu vakum ini berubah

posisi saat ini adalah grip gas diputar setengah, maka skep gas pun akan membuka separuh atau kurang sedikit bahkan lebih sedikit.

hal ini jelas memberikan perbedaan tekanan dalam karburator, sehingga skep vakum pun bergerak keatas karena daya hisap mesin tersebut.

dari sinilah campuran bahan bakar melewati venturi karbu, dan tentunya campuran tersebut lebih banyak dan tentunya putaran mesin akan terus menanjak.

kenapa ko skep vakum bisa naik seiring putaranmesin??

iya, karena ada ruangan khusus yang akan terhubung pada bagian mesin (lebih dekat kemesin untuk mendeteksi kevakuman mesin)  saat vakum mesin naik/putaran semakin tinggi maka semakin tinggi pula naiknya skep vakumnya.

 

memang tidak bisa pungkiri keberadaan teknoligi electro semakin menjamah teknologi otomitif.

tidak hanya sistem penerangan, atau pengapian, tetapi juga sistem bahan bakar. efi adalah salah satu teknologi andalan dan mampu memberikan kinerja yang lebih baik. tetapi bukan berarti tidak memiliki celah  kelemahan. untuk sebagian orang yang berfikir  sederhana, efi lumayan ribet, tetapi untuk beberapa orang efi sangat membantu dan cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar.

hal ini saya mencoba membahas sedikit tentang teknologi karburator yang mungkin akan punah dikemudian hari, tidak ada salahnyakan?? hanya untuk berbagi saja!

salah satu jenis karbu yang sering menjadi faforit banyak pabrikan adalah karbu vakum, kita bisa melihat scorpio, tiger, ninja250, bajaj pulsar masih setia dengan piranti karbu vakum. oowww kenapa tidak pakai karbu skep atau karbu biasa??

salah satu keunggulan karbu ini adalah mampu memberikan asupan campuran bahan bakar dan udara sesuai dengan kebuttuhan mesin.

ko bisa??

mari kita lihat,

bagian skep yang tertarik kabel gas tau kan posisinya??

klo belum tahu ini posisinya

nomer 13 itu adalah skep atau trotlhe valve yang akan terbuka seiring grip gas yang dipuntir

pada gambar yang pertama (atas sendiri) adalah posisi mesin idle atau putaran mesin tanpa beban, jadi posisi skep gas hanya terbuka sedikit yang memungkinkan mesin hidup tanpa memelintir grip gas.

pada saat posisi itu campuran bahan bakar dan udara melewati celah sempit dan hanya sedikit saja untuk sekedar mesin hidup saja.

pada saat posisi ini pilot jetlah yang paling berperan.

meneruskan artikel sebelumnya,

sealain gas CO, ada dua gas lagi hasil pembakaran kendaraan bermotor yang dikontrol oleh sistem EFi ini.

HC (hydro carbon)

gas ini pada umumnya karena disebabkan oleh pembakaran terlalu gemuk/kaya/boros dan pebakaran terlalu singkat. saat mesin menghasilkan HC maka kondisi mesin adalah terlalu boros bahan bakar, maka hal ini efi akan mendapat input/masukan dari sensor dan akan membuat bahan bakar lebih kering/irit/miskin. nah hal ini juga dipengaruhi oleh jenis Oktan bahan bakar tersebut, semakin rendah oktan bahan bakar tersebut maka akan sering juga pembakaran singkat terjadi. selain itu pula letikan bunga api  pada busi juga terlalu cepat(sebelum waktunya) maka pembakaran pun tidak akan sempurna(sehingga efi akan mengoreksi derajat pembakaran seecara langsung sesuai dengan sistem yang bersumberkan data dari sensor HC)

 

NOx (nitrogen oksid)

NOx adalah gas yang dikendalikan setelah CO dan HC, gas ini dip\kendalikan bukan karena tanpa sebab, karena beberapa faktor tentunya. ayo kita kupas..

bila gas ini diteliti gas ini keluar atau semakin besar konsentrasinya karena semakin tingginya suhu mesin, pada umumnya gas inii keluar saat suhu mesin lebih dari 1800 derajat celcius. beberapa efek kerusakan yang akan terjadi bila temperatur mesin akan tinggi. ini adalah salah satu alasan mengapa gas ini dikendalikan. untuk mengantisipasi suhunya mesin dapat dilakukan dengan memaksimalkan fungsi sistem pendingin. selain itu bila campuran bahan bakar dan udara teralau kaya maka oksigin akan semakin sedikit, sehingga NOx akan tinggi,, sehingga efi akan membuat campuran yang lebih kurus.

itulah beberapa keunggulan EFi, ini juga yang mendasari beberapa pabrikan tanah air beralih dari sistem karburator..

tetap sehat, tetap semangat..

minggu yang cerah, sepupu dateng dengan pacar nya.. emmhhh luar biasa, karena silaturahmi itu memperpanjang umur.. bener g??

disisi lai selain kita sharing tentang masalah perkerjaan, kita juga sharing tentang motor..

nikmat kali ya jalan jalan dikala mentari tenggelam…

kali ini dapat kesempatan naik motor lansiran 2010 dengan model CB 200 custom.

CB 200

CB 200

mesinya aslinya mega pro, tetapi dengan beberapa sentuhan mekanik sembalap maka yah enaklah buat ngejar vixi atau pulsar yang petakilan dijalanan. karena saya mencobanya, saya dapat rasakan detak mesin tiger yang begitu menyalak… maaf test nya ane cuma pake celana kolor dan kaos oblong, makanya g berani moto.. *takut kena semprot pihak yang sok safety ridding

tampak samping

tampak samping

dari tampak samping motor ini menggunakan kaki kaki depan yang cukup biasa, perpaduan pelek thunder 250 dibalut dengan ban donat membuat terlihat tipis. pada roda belakang serupa swing arm cukup standat dan pelek thunder 250 menjadi andalan. model tanki yang dipergunakan juga cukup menawan, selain terlihat klasik isinya cukup besar lo… tutup filter dan aki juga bagus dengan desain retronya membuat mata terpana, desain jok juga lumayan enak.. tebal pendek.. enak buat berboncengan, bikin lengket!!

tampak belakang

tampak belakang

dari belakang, kesan klasik kembali muncul dengan lampu rem yang membulat dan kecil

ada emblem Cb disitu, waaww.. keren

tersembit juga kenalpot honda tiger disitu, walaupun pemasangannya tidak semudah membuat blog populer eh membalik telapak tangan tetapi its done.. rapi jali nan baguss…

kesan membesar justru terlihat dari kenalpot ini, kesan itu menggambarkan kekar disamping dari warna bodi yang dibuat kecoklatan.

oopss

oopss

ooops gambar ini tidak seharusnnya ada disini.. dengan mikuni 30 punya ninja, mesin tiger dengan racikan ala road race kelas sport 250cc FFA.. maklum speed freak, kesampingkan dulu safety ridding nikmati perjalanan dengan cepat dan selamat!! hahaha

biar cepat asal selamat!

“belajar sampai menutup mata.. (mati)” itu yang akan saya pegang teguh.. terlepasa dari itu, saya merasakan beberapa perubahan yang signifikan  dari 10 tahun terakhir terutama dibidang otomotif. bila dulu motor sangatlah kendaraan yang bisa dikatakan cukup mewah, sekarang sudah berubah menjadi sangat umum. bila dulu motor dengan karburator sangat wajar atau sangat umum, maka sekarang motor dengan sistem injeksi bahan bakar.

apa sih efi itu?? electronic fuel injection, sistem bahan bakar ini layaknya karburator tetapi lebih “pintar” karena dia (efi) memberikan campuran bahan bakar kemesin secara pas/sesuai dengan kebutuhan dan beban mesin. sealain itu, ada yang tak kalah penting, efi juga mengendalikan pencemaran udara. nah ini yang menjadi fokus kita.

bila kita cermati Honda Indonesia dan Yamaha Indonesia tidak segan segan mengenalkan sistem ‘efi-nya’ dengan nama dan penyebutan yang berbeda, tetapi saja saja secara prrinsip kerja maupun tujuan menggunakan sistem bahan bakar tersebut. dengan efi, bahan bakar dibuat lebih efisien dan efektif sesuai dengan kerja mesin. memang sistem ini sedikit lebih rumit, karena ada beberapa sensor yang membaca hasil pembakaran dari kenalpot, putaran mesin, jumlah udara dalam in take manifold ataupun puntiran gas dari sang rider. lebih ribet dari pada karburator. tetapi pembakaran mesin lebih maksimal dan mesinpun lebih baik kinerjanya.

apa hubungan efi dan pencemaran lingkungan?

dengan sistem efi maka pemakaian bahan bakar dapat ditekan, begitu pula tingkat pencemaran udara lebih bisa dikontrol, ini dikarena beberapa sensor yang terpasang.

—Atmosfir bumi atau udara terdiri dari dua gas utama yaitu oksigen (O2) sekitar 21 % dan nitrogen (N2) sekitar 78% serta sisanya 1% terdiri dari bermacam-macam gas diantaranya adalah carbon dioksida dan argon.
—Disamping argon dan carbon dioksida, masih banyak gas/zat yang dihasilkan manusia seperti carbon monoksida (CO), hidro carbon (HC), nitrogen oksid (NOx) dan sulfur dioksida (Sox).
—Sedangkan zat yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor (mobil) dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu : CO,HC dan NOx. Gas ini sangat mengganggu pernapasan, dan berbahaya terhadap manusia, binatang dan tanaman.
—Ada 3 sumber CO, HC dan NOx , yaitu : gas buang, blow-by gas dan uap bahan bakar.
(mengingat kuliah pak Syarif XIXIXI)
CO (carbon monoksida)

air fuel ratio=rasio bahan bakan & udara.

pada intinya, semakin capuran bahan bakar dan udara kurus atau miskin maka kadar pencemaran CO ini juga semakin rendah. kondisi ini dapat diraih bila sensor udara (dikenalpot) mengetahui CO terlalu besar maka sistem dalam EFi akan membuat campuran udaran dan bahan bakar semakin miskin, ingat CO tidak sama dengan CO2, CO adalah gas beracun. sealin karena bahan bakar dan udara terlalu kaya/boros, suhu kendaraan yang berada dibawah suhu kerja juga meningkatkan kadar CO.

to be continued…

 

media indonesia lagi latah dengan mencuatnya mobil esemka, memang ini sedikit mengobati rindunya kaum otomotif untuk berdikari sendiri dinegara sendiri. dan tentu saja mengobati rasa pilu bila kita mendengarkan berita tentang kekerasan yang ada dinegara ini… entah pembantaian dimesuji atapu apapun yang membuat pikiran ini tidak tenang,,, semudah itukah sertipikat tanah diperjual belikan??

terlepas dari masalah pemerintah yang tidak kunjung tuntas dan tidak jelas, mungkin karena jajarannya yang hanta main game saat jam dinas. mobnas esemba buatan murid smk atapun tawon menjadikan obat dalam dahaga kabar gembira yang ingin masyarakat dengarkan. memang esemka atapun tawon tidak sebaik atapun sebagus nisan x-tral atapun kijang inova tetapi jika kita pahami dulu nisan itu adalah datsun, kalau kita lihat mobil bak terbuka yang mempunyai moncong dan memiliki konstruksi mesin diesel itulah dulunya,,, itulah disaat mereka membangun pondasi untuk x-trail atau grang livina!

bagitu pula inova, jika kita ingat kijang sabun, kijang kotak, maka itulah cikal bakal inova yang digadang-gadangkan mobil yang cukup laris di Indonseia ataupun negaara lain layaknya india atau afrika seelatan, toyota tidak bisa lepas dari kijang kotak (seri mesin 4k). karena sejatinya kijang kotaklah yang menjadi modal dasar inova itu sendiri.

sekarang kita fokus, esemka dan tawon adalah kijang kotak itu, nanti akan berubah menjadi mobil yang sesuai dengan tuntutan jaman. ini yang membutuhkan perhatian khusus. pemerintah dibutakan gengsi,, bukan lagi patriotisme..  bila pola pikir pemerintah berubah,,, maka rakyatnyapun juga akan berubah,,,

esemka maupun tawon butuh suport.. pemerintah harus sadari itu.. terlepas model atau mesinya yang kurang bagus sangat bergantung pada riset pasar maupun teknoligi.. pemerintah harus sadari ini.. tawon dan esemka layaknya* maaf  hewan langka yang butuh ruang dan perlindungan.. hanya pemerintah yang bisa untuk saat ini..

kita lupakan dulu orang  yang mengatakan tawon jelek, esemka jelek… dia hanya orang yang kurang paham apa arti sebuah kehidupan.. dia hanya mencari kesenangan duniawi… dan telah melupakan rakyatnya pada dasarnya…

ini adalah titip tonggak kembalinya teknologi kita, setelah tutupnya Dirgantara Indonesia yang kita banggakan.. jangan sampai banyak universitas  negeri dengan jurusan otomotif tetapi kita sendiri tidak punya pabrik otomotif sendiri/nasional. jangan sampai kita hanya menjadikan diri kita babu untuk negara/pabrik negara lain…

untuk bapak pemimpin yang terhormat… kami lelah untuk merengek, tapi kami tahu ini tidak akan berakir,,, kami warga otomotif nasional menunggu kebijakanmu… semoga kami berkah dibawah pimpinanmu..

tetap sehat tetap semangat!

memang kita sebagai manusia ada kalanya  kita salah kaprah terhadap sesuatu, misalnya ketot atau regulator atau pada aslinya dia adalah key out, pada sistem pengisian kendaraan key out berfungsi untuk mengatur arus yang masuk untuk  aki. sehingga sangatlah fital, tetapi karena beberapa faktor salah satunya lidah indonesia  maka ada yang berubah dari istilah istilah dari bagian kendaraan tersebut.

bila sebelumnya kita membahas ketot, kita sedikit bergeser, matic. semua biker  pasti pernah mendengar motor jenis ini, tetapi apa benar motor matic?? oo sabar, ada yang harus kita luruskan.  apakah mio, beat ataupun next juga matic?? emmhh saya rasa bukan matic tetapi CVT(continouosly variable transmission)atau sistem transmisi secara otaomatis terus menerus. kalau matic ya kendaraan yang mempunyai transmisi yang bisa mengoper/berganti secara otomatis dari 1 ke 2 sampai seterusnya atau sebaliknya sesuai dengan kebutuhan mesin atau beban mesin. nah kedua mesin ini sangatlah berbeda, tetapi keduanya sama-sama untuk mempermudah pengendara dalam berkendara.

untuk sistem CVT, transmisi ini memiliki beberapa kelebihan, selain lebih ringan dari segi bobot transmisi ini lebih murah dalam hal produksi tetapi ada beberapa kelemahan yang sering muncul pada transmisi jenis ini. selain rentan pada air, debu dan oli. ketiga musuh ini sangat diwaspadai. makanya kita sering melihat tabung box diatas CVT atau samping kiri kendaraan disebelah sekok belakang! box itu adalah salah satu akses udara pendingin untuk CVT yang didesain sangat rapi dan rapat. khususnya dari debu, air dan tentunya oli.

nah sedikit berbeda dengan matic, sistem ini memiliki keistemewaan yang lebih dari pada transmisi lain. selain lebih awet pada kecepatan yang konstan atau stabil kendaraan lebih itir bahan bakar. tetapi ada sedikit ribet karena ada beberapa komponen tuas yang harus disetel atau disesuaikan dengan medan kondisi jalan. P: (park) posisi parkir, mesin tidak hidup dan  roda tidak bisa berputar. R: (return) untuk posisi mundur, N: (netral) posisi diam, kendaraan posisi diam mesin hidup dan roda dapat berputar. D: (drive) pada saat jalan, bisa gigi 1 samapi dengan 3 bahkan bila over drive aktif gigi samapi 4 saat kondisi jalan rata. 2: untuk jalanan yang menanjak ataupun turunan. L: (low) untuk model jalanan yang ada tanjakan dan turunan curam.  cukup banyak kan?? 

nah dari sini kita dapat mengetahui perbedaan antar matic dan cvt, semoga ini menjadikan kita lebih cerdas.

tetap sehat, tetap semangat!

 

 

 

saat membaca salah satu koran lokal, saya membuka-buka halaman demi halaman. melihat judul-judul yang dibuat menarik dan menantang para pembaca untuk penasaran. tetapi karena saya mencuri curi waktu untuk membaca koran  ini, saya secepat kilat membaca head line -nya saja. tetapi saat saya beralih kehalaman selanjutnya saya menemukan:

wah ini, bagus bukan? khususnya buat warga otomotif indonesia, ini motifasi bagi kita semua. dengan cara ini pejabat sebagai public figure yang naik esemka maka nama esemka juga ikut terdongkrak. sekarang kitaa fikir bersama, apa mungkin pihak produsen kendaraan memberikan “bantuan” saat seorang calon pebajat?? mungkin dan sangat dimungkinkan, kenapa?? karena itu ada balasan dari pejabat tersebut kepada produsen kendaraan. dengan memakai kendaraan nya sebagai mobil dinas yang akan dibeli oleh pemerintah.

apa ini bagus?? saya rasa tidak, ini telah mencorang kendaraan buatan dalam negeri. pejabat enggan menggunakan mobil dalam negeri. mungkin karena kualitasnya, tetapi pasti disesuaikan. pasti ada jalan ko.. tetapi pejabat lebih memilih merek negara lain. pejabat sudah tidak sesuai dengan kemauan rakyatmya, ini salah satu indikasinya..

mari kita berangan-angan, berapa banyak mobil dinas yang dipakai instansi-instansi dinegara ini?? banyak sekali… satu kecamatan saja bisa terdiri dari 20 instansi, bila ada 2 mobil dinas esemka disitu maka ada 40 mobil esemka yang akan terjual. jadi embel embel SMK pasti BISA benar benar berjalan(ini salah satu program mendiknas, tetapi orang mendiknas g mau pakai mobil esemka) ironis bukan??

untuk bapak SBY, indonesia memiliki banyak potensi, baik roda empat ataupun roda 2, tolong ini disalurkan dengan terarah dan berkesinambungan, kita (rakyat butuh perjuangan bapak SBY dan seluruh jajarannya)tidak hanya pidato yang sahdu. kita tidak butuh itu. kita butuh perbaikan secara nyata dan konsisten. kalau tidak mau Indonesia menjadi negara BABU dimata negara lain..

tetap sehat tetap semangat.

%d blogger menyukai ini: