memang kita sebagai manusia ada kalanya  kita salah kaprah terhadap sesuatu, misalnya ketot atau regulator atau pada aslinya dia adalah key out, pada sistem pengisian kendaraan key out berfungsi untuk mengatur arus yang masuk untuk  aki. sehingga sangatlah fital, tetapi karena beberapa faktor salah satunya lidah indonesia  maka ada yang berubah dari istilah istilah dari bagian kendaraan tersebut.

bila sebelumnya kita membahas ketot, kita sedikit bergeser, matic. semua biker  pasti pernah mendengar motor jenis ini, tetapi apa benar motor matic?? oo sabar, ada yang harus kita luruskan.  apakah mio, beat ataupun next juga matic?? emmhh saya rasa bukan matic tetapi CVT(continouosly variable transmission)atau sistem transmisi secara otaomatis terus menerus. kalau matic ya kendaraan yang mempunyai transmisi yang bisa mengoper/berganti secara otomatis dari 1 ke 2 sampai seterusnya atau sebaliknya sesuai dengan kebutuhan mesin atau beban mesin. nah kedua mesin ini sangatlah berbeda, tetapi keduanya sama-sama untuk mempermudah pengendara dalam berkendara.

untuk sistem CVT, transmisi ini memiliki beberapa kelebihan, selain lebih ringan dari segi bobot transmisi ini lebih murah dalam hal produksi tetapi ada beberapa kelemahan yang sering muncul pada transmisi jenis ini. selain rentan pada air, debu dan oli. ketiga musuh ini sangat diwaspadai. makanya kita sering melihat tabung box diatas CVT atau samping kiri kendaraan disebelah sekok belakang! box itu adalah salah satu akses udara pendingin untuk CVT yang didesain sangat rapi dan rapat. khususnya dari debu, air dan tentunya oli.

nah sedikit berbeda dengan matic, sistem ini memiliki keistemewaan yang lebih dari pada transmisi lain. selain lebih awet pada kecepatan yang konstan atau stabil kendaraan lebih itir bahan bakar. tetapi ada sedikit ribet karena ada beberapa komponen tuas yang harus disetel atau disesuaikan dengan medan kondisi jalan. P: (park) posisi parkir, mesin tidak hidup dan  roda tidak bisa berputar. R: (return) untuk posisi mundur, N: (netral) posisi diam, kendaraan posisi diam mesin hidup dan roda dapat berputar. D: (drive) pada saat jalan, bisa gigi 1 samapi dengan 3 bahkan bila over drive aktif gigi samapi 4 saat kondisi jalan rata. 2: untuk jalanan yang menanjak ataupun turunan. L: (low) untuk model jalanan yang ada tanjakan dan turunan curam.  cukup banyak kan?? 

nah dari sini kita dapat mengetahui perbedaan antar matic dan cvt, semoga ini menjadikan kita lebih cerdas.

tetap sehat, tetap semangat!

 

 

 

Iklan