Wheel Alignment —> wheel alignment adalah bagian dari perawatan otomotif yang terdiri dari penyetelan sudut roda.
kelurusan roda depan akan sangat berpengaruh pada pengendalian kendaraan motor tersebut..
emmhh karena kendaraan roda 4 mempunyai karakter (sama seperti motor) punya khas untuk kecepatan atau untuk kendaraan beban maka ada penyesuaian untuk beberapa komponen.
TUJUAN—>
1. Steering wheel dapat kembali lurus setelah berbelok.
2. Steering cenderung lurus ke depan meskipun steering wheel dilepas.
3. Tenaga yang digunakan memutar steering wheel lebih ringan.
4. Keausan ban dapat merata.
Posisi roda dilakukan pengaturan seperti berikut:
1. Toe
2. Caster
3. Camber
4. King pin inclination
memang sistem kemudi dalam kendaraan roda 4 tidak sesederhana kendaraan roda 4, tetapi semua masih dapat dipelajari..
gambar diatas merupakan gambaran sistem kemudi dari kendaraan roda 4.
sudut belok roda depan akan mempengeruhi karakter kendaraan tersebut lo..
ok, kita bahas..
toe
Toe In atau Toe out adalah: Perbedaan jarak antara bagian depan dan bagian belakang ban, Toe in atau toe out berfungsi untuk menjaga keausan ban yang berlebihan. Untuk menyetel Toe in atau Toe out dapat dilakukan dengan memperpanjang atau memperpendek tie rod melalui tie rod end. Penyetelan toe-in mencegah terjadinya roda mengelinding keluar.
nah itu gambaran toe, toe ini biasanya untuk mobil2 yang sering berada dilintasan lurus, karena lebih setabil! sedangkan toe out sering kali digunakan untuk kendaraan yang memiliki jalur berkelok kelok..
caster
Caster adalah Posisi king pin roda bila dilihat dari samping, bagian atas miring ke arah belakang dengan sudut tertentu. Posisi ini dibuat dengan tujuan supaya kendaraan itu selalu cenderung jalannya lurus. Kebanyakan kendaraan memakai caster positif, karenanya kendaraan jadi lebih mudah dikendalikan dan dikontrol. Saat membelok maka mobil akan dengan sendirinya meluruskan kondisi kendaraan. Hanya saja caster positif akan membaut setir menjadi berat karena sudut trail makin panjang
nah ini juga ada disepeda motor, jenisnya positif!!
kita lihat ya..
nah ada 2 motor, superbike(BMW 1000RR) dan touring (MV agusta)
untuk BMW lebih tegak untuk suduk sekok depan! karena untuk kelincahan dan pembagian bobot!
untuk MV lebih tidur sudut sekoknya! karena untuk kesetabilan dan kenyamanan!
begitu bro..
camber
Untuk mengurangi beban kerja pada knuckle steering maka dipakai positif camber, selain untuk mencegah roda agar tidak terlepas karena roda cenderung terdorong ke dalam. Memperbaiki cengkeraman ban saat membelok. Jika ban memiliki camber nol, sisi dalam dari lintasan kontak akan mudah terangkat dari tanah sehingga menurunkan luas daerah kontak.
spooring dan blancing
•Spooring adalah penyelarasan roda kiri dengan kanan sesuai spesifikasi untuk mencegah efek melayang atau berat sebelah. Sebelum spooring dilakukan perlu memperhatikan keausan tierod, end tierod, balljoint maupun bushing,
•Balancing berfungsi menghilangkan getaran-getaran kecil ketika kendaraan sedang dijalankan.
semoga bermanfaat dan tidak menolak untuk dikritik!!
Menyukai ini:
Suka Memuat...
Terkait
sangat bermanfaat,trims pesanannya. Akhrx dpt pencerahan nh,soalnya dicari2 nga dpt.
alhadulilah mas bro…
silahkan semoga bermanfaat!!
Mantap gan
silahkan dimanfaatkan..
handbook kuliah iki yo ta? 😀
yups… anda benar mas!!!!
untuk mobil avansa setelan casternya apa ada ya.sptnya hnya to in dan to aut yg bisa..sy pnya mslh dg avs bila belok gak bisa lurus sendiri hrs dibantu putaran tangan.
Kok saya terbalik ya memahami efek Positif n negatif Chamber. Positif Chamber (V) dan negatif chamber (A) menurut saya Negatif Chamber lebih memberikan cengkeraman saat membelok, karena dg kaki negatif (membentuk “A) saat belok akan memperluas kontak ban dg jalan. Chamber negatif (V) saat belok akan memperkecil kontak ban dg jalan dan mudah limbung) … monggo dicross check