sebagai biker, kita paham lah ban motor yang kita pakai.. sesuai kebetuhankah?? atau tidak??
nah selain itu, bagian bagian dari ban tersebut pasti kita tahu kenapa pakai ban tersebut, misal karena daerah bro banyak jalan yang permukaannya tanah sehingga bannya pasti berbeda dengan pemakaian ban untuk motor yang dipakai dijalan aspal…
nah untuk menambah pengetahuan kita, g ada salahnya kita belajar tentang ban mobil..
fungsi →Membawa kendaraan di atas bantal udara
Syarat ban:
1.Harus kuat
2.Fleksible terhadap jalan yang rusak
3.Mempunyai cengkaram yg kuat untuk bertahan, membelok atau mengerem
4.Harus bereaksi dg tepat terhadap kemudi sewaktu berbelok
bila tekanan udara dalam ban melebihi spesifikasinya maka yang terjadi:
1.Pengendaraan kasar
2.Keausan berlebihan di bagian tengah
3.Mudah slip karena kurangnya daya cengkraman ban
dan bila tekanan udara dalam ban kurang dari spesifikasi maka:
1.Keausan berlebihan pada bagian pinggir
2.Tahanan gelinding besar
3.Panas berlebihan
penting kan?? ane rasa bro bro disini sering pakai motor, tapi g jarangkan pakai mobil?? xixixixi
selanjutnyua jeroan mobil dibahas .. 🙂 ditunggu
siap mas bro..
ada request g????
ada juga ban radial dan bias.
http://www.bridgestone.co.id/tires/teropong_lintas.htm
bahas spooring n balancing jg mas bro…
ok sip mas… secepet mungkin mas!!
Yah, tekanan ban memang harus ideal sesuai berat beban yg dibawa biar imbang antara keamanan, kenyamanan dan umur pemakaian ban itu sendiri 😀
wah terimakasih bro…
koreksi yang suip tenan!!!!!!