dalam sistem kendaraan ada 3 syarat yang harus ada,
– pengapian
– kompresi
– bahan bakar
namun kali ini kita belajar atau mengenal lebih jauh tentang pengapian!!!
dalam kendaraan sepeda motor ada dua jenis pengapian!
pertama sistem AC dan sistem DC!!
sistem AC –> sistem pengapian arus bolak balik. dengan ciri listrik pengapian didapat dari spull atau generator. dan aki hanya untuk sistem kelistrikan body dan stater.
sistem DC –> sistem pengapian arus searah. dengan ciri listrik pengapian didapat dari aki. dan aki disuplai oleh spull.
itu merupakan perbadaan dasar!!
motor AC –> honda tipe cup, hampir semua motor yamaha.
motor DC –> hampir tipe motor suzuki.
kita lihat hitam dan putihnya keduanya ya… 🙂
kelebihan AC–>tidak bergantung pada aki.
kekurangan AC –> kelistrikan kurang stabil, karena listrik bergatung pada putaran mesin.
kelebihan DC –>kelistrikan lebih stabil, karena disuplai oleh aki.
kekurangan DC –> jika aki rusak pengapian tidak maksimal!! karena bila ada kelebihan setrum maka akan tertahan pada CDI!!
ini sistem kelistrikan AC!! 😀
ini sistem kelistrikan DC!! 🙂
semoga nermanfaat!!!
bermanfaat sekali Bro. Suwun
😀
Habis ini bahas platina terus cdi … Biar tambah pinter. Like this deh !
iya mas!!! siap laksanakan bro!!
dalam pengapian AC generator terdapat fungsi ganda, yang juga menggantikan posisi batery….. untuk mensuplay arus ke CDI
dan coil pulser sebagai trigger timing ignition ke CDI
>> sementara pengapian DC generartor hanya memberi kan suplay ke batery dan lampu / kelistrikan dan pembangkit sinyal trigger timing ignition dari coil pulser menuju CDI
➡ pengaruh pada beban kerja Pembangkit / generator
1>> generator DC bekerja lebih ringan (hal ini berpengaruh pada beban putar crank shaft)
>> konsekuensi nya batery harus selalu dalam kondisi fit untuk memaksimalkan kerja pengapian!
2>> generator AC cenderung bekerja lebih berat dari pada AC karena coli di dalamnya juga berbeda
>> namun perawatan dan system wiring nya lebih simple !
😎
nitip ya cak!
monggo kalo mau praktikum:
siap laksanakan bro aziz!!!
Om..boleh anda untuk menjelaskan sistem pengapian..yg ada digambar diatas?
mantappp \m/
wah rumit..ngk mudeng ane..xixixiix
wakakakakakakaak 😀
sama bro… hehehe
knpa ya kendaraanQ 3roda viar sering ganti pulsar.
Bagi2 solusi dunk’?
wah ini masalah unik nich..
[…] a. listrik pengapian didapat dari spull atau generator. dan aki hanya untuk sistem kelistrikan body dan stater (sumber dari sini). […]
gan motor q legenda pengapian nya hilang aq ganti busi br g mau jln aq ganti cdi br tdak jalan juga lalu cek apa lagi y tolong pencerahanya
kemungkinan masalhnya ada pada spull
nama ya kabel kiprok yg warna hitam sering panas,pdhal soket kiprok udah ganti baru,,,tetep aja msh panas
gan klo motor tossa suka ngadat gmna ya,padahal pengapian gede….??
a kalo mtor revo suka brebed gmana ya,pdahal udh gnti busi baru tpi msh aja .?
gan mtr ane k-blitz R lampu ane terang ya kaya lilin . gimana caranya gan biar terang banget gan. mohon penjelasaanya.? atu lagi gan lampu indikator mtr ane klo ane lepas dari sarangya nyalah dua2 cuma yg 1 redup kenapa gan.
om ini kabel red/black yang ke cdi tak lepas,lalu sya on kan kontak yang terjadi kelistrikan normal,cuma mesin tidak bisa hidup…itu gmn critanya ??
mngapa sperti itu…??? #tugas mohon bantuannya 😀 😀
[…] Download Image More @ agungsevi.wordpress.com […]