pengapian platina merupakan pengapian konvensional, dalam istilah teknik disebut juga contact breaker! ini karena pengapian berdasarkan pemutusan (platina) contact breaker, sehingga arus akan meunuju busi dan taaraaa busi memercikan bunga api!! 😀
ok.. kita kenalan dulu ma komponennya!!! 🙂
2 = kuncci kontak
3 = + koil
4 = menuju busi
5 = – koil
6 = koil
7 = kondensator
8= platina (contact breaker)
9 = distributor
10= busi
(NB: sebenarnya ini punya mobil, tak modif :-D)
cara kerjanya…
garis biru merupakan aliran arus listrik, dari baterai -> saklar -> koil (dari positif koil menuju kabel busi) -> ditributor -> busi!!!
mengapa g ke platina???
ini karna platina terbuka!!! (lihat anak panah merah)
garis merah merupakan aliran arus listrik, dari baterai -> saklar -> koil (dari positif koil kenegatif koil) ->platina (menutup)-> masuk ke massa (pada akhirnya masuk ke massa/ negatif baterai)
mengapa keplatina???
ini karena platina menutup sehingga arus bisa lewat!!! g harus lewat busi untuk menuju massa atau – baterai!!
😀
semoga berguna!!!
😀
wah.tambah pengetahuan lagi
tapi kalo motor kan gak pake distributor kan?
iya mas.. biasanya udah ada dimagnet kayak pulser gitu..
CWIM..
😀
Wow…well,makasih ya kawan atas penjelasannya,it’s very important for experiment,thanxU so much indeed.
trz ketika platina gx d pasang/d copot pun mesin tersebut tetap dpat hdup???
kan pengapianya tdak lewat platina toh???
tp kalo d motor2 tua sperti honde cb yg msih pke platina knpa gx bsa hdup kalo platinanya gx jalan/mati??
5f saya msih blum tau apa2 jdi msih bngung. . .
mksih sblumnya mas. . .
1 lg mas. . .trz kegunaan platina d skema d atas bwt apa mz kalo platina jalan tp gx lewat busi???sama aj gx ad pengapian yg masuk k ruang pmbkran toh???
mksih. . .