Allah SWT berfirman: Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa,Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.
Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.
(Surat 46 Al-Ahqaaf (Bukit-Bukit Pasir) Ayat 15-16)

Kandungan Ayat:

– Ayat ini adalah seruan untuk seluruh manusia tanpa pandang agama, suku, ras, warna kulit dan bangsa.
– Allah Maha Lembut terhadap hamba-hambaNya dan menghargai jasa ibu bapak.
– Berbakti kepada ibu bapak adalah wajib bagi bagi anak-anaknya.
– Diantara bentuk berbakti kepada ibu bapak adalah: Bertutur kata yang sopan dan lembut, membantu memenuhi kebutuhannya, tidak mengganggu dan menyakitinya dll.
– Allah menerangkan sebab mengapa anak wajib berbakti kepada ibu bapaknya.
– Ibu mengandung anak dengan susah payah, kemudian melahirkannya dengan berat sekali, kemudian menyusui dan mengasuhnya yang kesemuanya ini membutuhkan waktu lama dan bukannya sesaat atau dua saat saja.
– Kesemuanya itu membutuhkan waktu tiga puluh bulan, yaitu: Mengandung sekitar sembilan bulan dan sisanya untuk menyusui. Ini adalah yang biasa terjadi.
– Ayat ini adalah merupakan dalil bahwa usia minimal kehamilan adalah enam bulan berdasarkan surat Al-Baqarah 233 yang menyatakan bahwa seorang ibu menyusui anaknya selama dua tahun penuh.Tiga puluh bulan dikurangi dua tahun (dua puluh empat bulan) masa menyusui tersisa enam bulan yaitu masa mengandung.
– Anak yang berbakti adalah anak yang selalu mendo?akan ibu bapaknya.
– Anak yang berbakti kepada ibu bapaknya pasti mendapatkan ridha Allah dan do?anya mustajab.
– Durhaka kepada ibu bapak adalah dosa besar dan sebab kehancuran.
– Wajib atas kita semua untuk beramal saleh dan bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmat yang diberikan kepada kita dan kepada ibu bapak kita.
– Ibu dan bapak hendaklah memperhatikan kualitas keturunannya dan mentarbiyah (mendidik) mereka dengan baik, karena manfaat dari kebaikan anak kembali kepada ibu bapaknya.
– Kita harus selalu taubat kepada Allah dari dosa-dosa kita dan kembali kepadaNya dengan ketaatan serta berserah diri.
– Orang yang berbakti kepada ibu bapaknya, beramal saleh, bersyukur, berdo?a, bertaubat, taat dan berserah diri kepada Allah adalah orang yang amalnya diterima oleh Allah dan dosa-dosanya diampuni serta kelak di masukkan ke dalam surga.
– Ini adalah janji Allah dan Allah tidak mungkin memungkiri janjiNya.

Iklan