memang tidak bisa pungkiri keberadaan teknoligi electro semakin menjamah teknologi otomitif.

tidak hanya sistem penerangan, atau pengapian, tetapi juga sistem bahan bakar. efi adalah salah satu teknologi andalan dan mampu memberikan kinerja yang lebih baik. tetapi bukan berarti tidak memiliki celah  kelemahan. untuk sebagian orang yang berfikir  sederhana, efi lumayan ribet, tetapi untuk beberapa orang efi sangat membantu dan cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar.

hal ini saya mencoba membahas sedikit tentang teknologi karburator yang mungkin akan punah dikemudian hari, tidak ada salahnyakan?? hanya untuk berbagi saja!

salah satu jenis karbu yang sering menjadi faforit banyak pabrikan adalah karbu vakum, kita bisa melihat scorpio, tiger, ninja250, bajaj pulsar masih setia dengan piranti karbu vakum. oowww kenapa tidak pakai karbu skep atau karbu biasa??

salah satu keunggulan karbu ini adalah mampu memberikan asupan campuran bahan bakar dan udara sesuai dengan kebuttuhan mesin.

ko bisa??

mari kita lihat,

bagian skep yang tertarik kabel gas tau kan posisinya??

klo belum tahu ini posisinya

nomer 13 itu adalah skep atau trotlhe valve yang akan terbuka seiring grip gas yang dipuntir

pada gambar yang pertama (atas sendiri) adalah posisi mesin idle atau putaran mesin tanpa beban, jadi posisi skep gas hanya terbuka sedikit yang memungkinkan mesin hidup tanpa memelintir grip gas.

pada saat posisi itu campuran bahan bakar dan udara melewati celah sempit dan hanya sedikit saja untuk sekedar mesin hidup saja.

pada saat posisi ini pilot jetlah yang paling berperan.

Iklan