untuk sebagian biker pelicin mesin atau oli ya pokok licin..

xixixi kayak apa aja pelicin… terserah mau pake apa dan jenis apa, yang jelas fungsi oli mesin tidak sekedar pelicin doank lo..

pelumasan/pelicin

pelumasan/pelicin

tidak hanya melicinkan, tetapi meresap dan masuk kecelah celah mesin dan komponennya sehingga dapat melindungi gesekan antar komponen mesin atau antar logam.. jadinya mesin tambah awet.. dan mesin lebih halus suaranya..

*tergantung kekentalan oli juga looo..

pendingin

pendingin

nah pada taukan klo mesin itu pusat dari pembakaran, pemampatan tekanan dan gesekan, maka yang akan terjadi adalah panas.

panas mesin memang alamiah terjadi, makanya panas tersebut harus dikontrol dan dimanfaatkan. dikontrol dengan kata lain yang dibuat tidak over, salah satu metode yang dipakai untuk pendinginan adalah pelumas.

*oil cooler pada bajaj 220 dan satri FU salah satunya

perapat

perapat

aneh ya???

emang seal jadi perapat.. tetapi bila tidak ada oli, maka celah pada ring piston dan piston akan lebih longgar dan kompresi akan bocor. jadi dengan adanya oli mesin kompresi diruang bakarpun lebih baik.

detergent

detergent

hehe benar, untuk pembersih.. karena apa? panas yang dihasilakn mesin membuat oli tertentu mengendap dan mengerak.. maka ini tugas baru untuk oli baru untuk membersihkanny..

mesin bersih, tarikan mantaps, bensin lebih irit…

g hanya licin bukan???