Twin spar??? Apa kui??

sasis B-king

sasis B-king

maaf bukan sasis RX-king ya.. maaf.. jangan salah sangka dulu…. xixixixi

Ini adalah salah satu jenis sasis yang lagi menjadi pembicaraan hangat khususnya penyimak moto GP, lo mengapa?? Kan sudah biasa jenis sasis iini.. memang, tetapi kalau kita teliti, jenis sasis ini terlihat menonjol karena produsennya baru pertama menggunakan sasis ini..

Ducati sangat dekat dann akrab dengan sasis besi tumbular yang memiliki model yang khas dan unik, dan lebih berat tentunya harus menuruti sianak ajaib VR46 dengan melawan arus semua produk ducati yanmg telah ada. Memang hal ini bukan perkara yang sulit bagi suhu mesin dan sasis ducati, ditambah dengan pengalamann jeremy burges sebagai pemrakarsanya.. tetapi  harus diimulai dari titik yang benar benar 0.  padahal kalau kita teliti lebih jauh burges dan VR adalah orang yang sangat berpenngalaman dalam bidang motor, khususnya motor buatan negeri sakura.

Beberapa kabar terhembus bahwa sasis ini juga ikut merubah konvigurasi sudut mesin motor, yang biasaya 90 derajat diubah lebih sempit, tidak lagi L tetavi V. ini juga bukan perkara yang gampang.. karena struktur dan kekuatan bahan metal harus dipertimbangkan secara matang pula.. benar2 dari 0 ducati meriset GP12 ini.

tranformasi ini membuat ducati benar-benar membuktikan diri seebagai pabrikan yang bisa berubah karena waktu dan kebutuhan atau tuntutan zaman.. tidak ubahnya dengan bajaj yang sering didengungkan bloger2 yang berubah dari generasi motor dual sekok menjadi mono sekok dan mesin yang gress.. sungguh berbeda dengan sebelumnya..

Pertanyaanya apakah dengan perubahan setiinggi kelas MOTO GP akan berpengaruh pada produk ducati selanjutnya?? Apakah ke khasan  produk ducati akan hilang karena teknologi sasis dan mesin khas jepang????

Iklan