apalah arti mobnas??? apalah arti monanas(motor nasional)???
dimata pejabat tinggi masih merasa punya monas, monumen nasional sehingga cita cita Esemka akan terbentur beberapa kebijakan pemerintah itu sendiri..  kenapa? memang sedikit kurang nyambung, tetapi bila kita pikir/renungkan investor asing yang memiliki kekuatan finansial menjadi prioritas utama ya setidaknya uang ceperan juga lebih besar tentunya..

monas

monas

beda dengan produk lokal yang terbentur modal, perizinan yang ribet dan mahalhak patent yang sedikit dipersulit ada aja birokrasi yang menjadi batu sandungan. yang jelas karena laporan bidang keuangan negara menyatakan pertumbuhan ekonomi indonesia naik maka kebijkan beberapa instansi keuangan meningkatkan bunga pinjaman. naiknya pertumbuhan ekonomi memang harus, tetapi naiknya suku bunga pinjaman tidak harus naik pula.

memang beberapa argumen menyatakan bila kenaikan ekonimi diimbangi dengan pertumbuhan dan pola kehidupan bangsa, maka daya jual  dan daya beli masyarakat juga naik juga. apakah seperti itu?? tidak selamanya benar. beberapa daerah yang memiliki potensi ekonomi akan bisa bertahan, tetapi bila masyarakatnya bergantung pada nasib sanak saudara yang menjadi pekerja luar negeri??? memang ada masa kontrak sekitar 3 tahunan(maksimal) tapi selebih 3 tahun tersebut??

entahlah..

apa masih bisa bertahan atau tidak, dibeberapa kasus bila ada salah satu anggota keluarga keluar negeri menjadi TKI  maka anggota keluarga di indonesia dapat kehidupan yang lebih layak, teteapi bila keblablasan?? uang hasih TKI tidak diinvestasikan, tetapi untuk senang senang… maklum karena merasa punya uang..

disini pemerintah harus bekerja dengan maksimalkan mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak hanya membaggakan monas, tetapi juga memanggakan mobnas!b memang sudah terlambat, tetapi apakah ini adalah usaha yang gagal?? tentu tidak.. karena belum dicoba dan diusahan dengan maksimal,,,

 

esemka

esemka

 

ayo dukung pemerintah bisa membuka lapangan perkerjaan, negara yang makmur bukan negara dengan penduduk yang hanya pekerja keras, tapi juga menjadi  bos bos yang berpengaruh diluar negeri.. kita bukan negara yang kecil… kita bukan boneka…. Indonesia punya potensi… jangan sampai kita jadi negara yang terkenal dengan TKI, terkenal dengan peluang pasar yang empuk… tapi juga digdaya dalam ekonomi asia(setidaknya)..

Iklan