beberapa bulan pakai bajaj terasa sekok depan mau lepas. kalu direm depan ada suara cetuk cetuk yang cukup menggangu, karena ada kesibukan kerja terpaksa motor ini jarang keluar kandang. dan akhirnya liburan sabtu minggu dibawalah ke bengkel sebelah rumah. sang empu bengkel langsung sigap menangani dengan cara mengetes motor saya, karena dia merasakan hal yang sama dengan saya akhirnya empu tersebut langsung ngencengin bautkomstir. (indikasi komstir oblak)

karena sudah dikencangi beberapa kali tidak ada perubahan akhirnya empu bengkel tersebut menyerah.. maunya sich bongkar T sekok depan, tapi saya yang g yakin, masa motor baru 4 bulan sudah oblak T nya?? mungkin memang, tetapi ko secepat itu?? aneh kan??
karena suara (cetuk cetuk) tadi sangat membuatku risih akhirnya dikesempatan yang berbeda saya ke diler Alba, dan akhirnya ada beberapa metode saat mengencangkan komstir, antara lain baut sekok depan harus longgar dulu..

setelah proses percobaan, akhirnya diagnosisnya adalah grease atau gemuk dalam komstir habis!!!

 

gotri atau pelor

gotri atau pelor

ternyata benar, kering kerontang… tentu saja saya harus mengganti dengan yang baru. beserta dengan mangkoan sekalian.

proses operasi

proses operasi

setelah proses perbaikan selesai akhirnya saya tes, waw.. lumayan jozzzz… wenak… mantep…

tetapi masih ada yang sedikit mengganjal pada pikiiran saya, kenapa bisa habis gemuk dallam komstir??

padahal kan berada ditempat yang cukup tertutup!

ternyata, karena kualitas gemuk itu sendiri, ditambah lagi saya sering ridding pas hujan.. tidak cukup isu saja, karena jalur tempuh saya 100 km perhari (maaf yang hobi touring, diatas langit masih ada langit) dimedan perbukitan maka kemampuan gemuk cepat berkurang..

just share..

biar cepat asal selamat!

Iklan