tahun 2012 memang akan menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya, itulah harapan semua orang. begitu pula insan otomotif indonesia, kehadiran beberapa produk baru yang memberika tawaran yang lebih baik, dari segi model maupun performa mesin menjadikan konsumen lebih mudah dalam memilih. atau bahkan kebanyakan pilihan sehingga bingung memilih. honda dengan beberapa produknya seakan akan keroyokan setelah beberapa bulan yang laluu sempat dipermalukan oleh yamaha dari sisi penjualan, dengan metode keroyokan tersebut ternyata honda berhasil mengusai pasar diujung tahun 2011. metode keroyokan perlu dicontoh?? saya rasa tidak.

*keroyokan-dalam jumlah banyak

kita ibaratkan penyanyi, penyanyi sekelas rosa tidak perlu membawa teman atau keroyokan layaknya smash untuk menyanyi sebuah lagu. toh hasil  nyanyi nya juga lebih baik rosa. begitu pula pabrikan lain, tidak perlu main kroyokan dalam hal ini,, cukup fokus untku beberapa produk yang bisa menganggkat derajat dan martabat pabrik itu, saya rasa prabrikan sadar itu.. tetapi terbentur dengan pemikiran manejemen yang cenderung ‘lurus-lurus’ saja..

memang honda mengeluarkan beberapa variannya dengan gap waktu yang tidak begitu panjang, mungkin ini strategi untuk menarik minat dan perhatian para konsumen. tapi jujur ada kesan honda merasa takut salah satu produk yang dipasarkan gagal, sehingga ada prodak baru yang dikeluarkan untuk menutupi prodak yang sebelumnya. disisi lain honda secara implisit memarmerkan kekuatan yang tersimpan bahwa honda masih punya teknologi yang bisa meredam ‘cuap cuap’ pabrikan lain.

jadi masihkan kroyokan???

masih butuh, lawong smash aja kroyokan aja terkenal.. hahaha..

kadang kadang saya juga heran, yang kroyokan tidak hanya penyanyi, tetapi juga bl*gg*r, knapa ya??? mau saingan sama smash?? entahlah…