jujur persaingan yamaha dan honda dinegeri ini layaknya sebuah pertandingan sepakbola yang sangat seru… dilain pihan punya skill yang bagus, tetapi dilain pihak punya kemapuan menghipnotis penonton dengan indah. sampai sampai ada penonton yang menjadi fans boy.. meriah sekali.. keadaan ini tidak luput dari perhatian yamaha ataupun honda.. meraka mencoba berebut memikat perhatian penonton semuanya.. dengan segala jurus dikeluarkan, dengan berbagai cara untuk memikat masyarakat dengan produk produk yyang lebih sip! hal ini tentunya buah dari semakin tingginya kualitas hidup masyarakat kita dan semakin cerdasnya akan pemenuhan kebutuhan manusia dinegeri ini. ini merupakan tantangan baru dalam menggapai kemenangan (penjualan tertinggi) bagi yamaha dan honda.

beberapa saat lalu kita mendengar beberapa motor honda di”injeksi”kan, ini merupakan tuntutan pasar yang tak terelakan.. selain akan hemat bahan bakar, terdengar pula dari beberapa teman motor lebih gesit(walaupun top speed sama) dibanding motor karbu. ini trend baru, jujur supra x 125 memang teralu mahal untuk versi injeksi, dan tentunya honda sangat “berfikir sempit” karena apa?? supra x 125 sudah irit dengan karburator, kenapa pakai injeksi?? mau tambah irit???

pada dasarnya sistem bahan bakar injeksi untuk memaksimalkan sistem bahan bakar, untuk lebih efisiensi tentunya. munkin bila honda lebih bijak yang harus pake injeksi adalah motor yang punya tingkat pemakaian bahan bakar yang tinggi, seperti matic nya. bila honda memang berfikir cerdas.

tetapi sejatinya supra x 125 adalah pembuka dan sekaligus “mainan” baru untuk semua mekanik honda untuk bersiap menuju honda dengan semua varian ber”injeksi”.  memang ini salah satu cara cerdas honda dalam manajemen mekanik astra honda. kita harus akui itu..

namun dengan bergeraknya motor honda berinjeksi hampir disemua varian yamaha pun tidak tinggal diam… dengan segala daya dan upaya yamaha mencoba me”injeksi”kan beberapa variannya.. ini hal yang bagus.. kali ini vixi mengalami nasib yang sama seperti supra x 125 injeksi(sebagai “mainan” baru mekanik yamaha)

Teknologi FI yang dimaksud Yamaha adalah Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Teknologi tersebut diklaim membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor Yamaha jadi lebih efisien, dan gas buang lebih ramah lingkungan” Detik.com apalah arti motor kencang bila tidak irit bahan bakar??? orang pun akan melupakannya secara perlahan,, bahkan sistem injeksi vixi terbilang uzur bila disandingkan dengan tipe injeksi terbaru ini.

bahkan vixi terbaru ditahun 2012 akan ada up grade sistembahan bakarnya, selain itu mio soul dan mio sporty akan mengikuti jejak vixi dan seterusnya jadalah jupi Z! ini langkah besar… sangat berat dan juga sangat beresiko… beresiko karena bisa saja para mekanik yamaha harus bekerja ekstra keras untuk hal ini… dan bisa saja menjadikan ini sebagai trial and eror atau sarana coba coba saat perawatan motor injeksi..

beberapa sumber menyebutkan tahun 2014 yamaha semua tipe akan fuel injection! memang bagus.. tapi apakah akan mengurangi keganasan auman scorpio??? kita tunggu saja… setidaknya yamaha telah kalah langkah dari pada honda untuk urusan ini… pembuktinya yang kita tunggu,,,

tetap sehat tetep semanga!

Iklan