“Kami memang mendengar Yamaha YZF R-15 akan diluncurkan di India, tapi untuk masuk ke Indonesia butuh pertimbangan yang sangat matang. Banyak persiapan yang harus dilakukan jika akan diluncurkan di Indonesia, misalnya mekanik dan ketersediaan spare part harus siap dalam 10 tahun kedepan,” ujar Eko Prabowo, GM Promotion & Motorsport PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia(YMKI)

ini yang dinyatakan oleh salah satu pihak yamaha indonesia,, tapi kayaknya berat gitu..

memang dari beberapa sisi dalam sebuah pengerjaan motor baru butuh investasi yang lumayan besar, dari segi ekonomipun juga akan dibahas lebih detil. sehingga apa yang direncanakan tidak terpaut jauh dengan kenyataan yang terjadi!

walaupun dengan body mentereng tapi ketersediaan spare part dan mekanik yang kurang memadah i maka motor tidak akan terawat dengan baik tentunya! nah ini yang mungkin dipersiapkan yamaha indonesia, infrastruktur diperkuat dulu sehingga bila motor ini sudah siap maka akan bejalan lebih alami dan tidak terlalu dipaksakan!

mengenai rumor motor ini bisa menyemburkan tenaga sampai 22hp ada benarnya, memang yamaha kurang tertarik dengan DOHC, logis.. karena akan menambah ongkos produksi!

nah bila kita melihat motor road race 125 cc tune up saja bisa menyemburkan tenaga sampai 21 hp(dari 7 hp kondisi standart)! maka untuk mesin 150 cc saya rasa sangat mungkin lo.. tetapi konpensasinya adalah pemakaian bahan bakar akan lebh boros dan material yang dipergunakan kudu lebih bagus!! maka biaya produksi akan meningkat(walaupun tidak signifikan)❗