memang bila kita ingat zaman gp 500 cc 2 tak, motor seakan akan liar tak terkendali bahkan pembalap dipaksa untuk mengeluarkan seluruh skill dan ototnya saat masuk maupun keluar tikungan! ๐Ÿ˜ฎ sangat logis.. karena saat itu motor yang digunakan sangat minim akan peranti elektronik untuk memudahkan pengendalian penyaluran tenaga!

dengan segenap tenaga

tidak dapat dipungkiri bila dulu gp500 sering kita melihat aksi para pembalap menyalip dengan cara sedikit nekat! bila kita telusuri memang ada perbedaan teknologi yang membuat seperti ini…

bila dulu gp 500 tanpa adanya peranti Anti Wheelieย ย maka pembalap dipaksa mengerem lebih awal, bila tidak kemungkinan terjungkal atau out pada tikungan akan menjadi bencana besar!ย 

lebih mulus saat belok

sekarang moto gp lebih mulus saat belok, sudah dilengkapi dengan beberapa sistem canggi! โ— dengan adanya anti wheelie pembalap bisa late braking dengan lebih dekat tikungan! ๐Ÿ˜€

dengan adanya traksi kontrol maka motor tidak mudah kehilangan kendali saat menikung cepat! selain itu ban manjadi lebih awet! tapi yang jelas susah untuk menyalip lebih cepat, karena berdasarkan peranti tersebut, motor seakan punya batasan tersendiri! ๐Ÿ˜ฆ

GP 12

“Sekarang, dengan motor ini (800cc), tetapi khususnya ban Bridgestone dan sistem elektronik, lebih sulit untuk menyalip, jika kita membandingkannya dengan 500cc dan juga pada tahun-tahun pertama 990cc,” ujar VR 46

harus diakui aturan balap dengan banyak peranti aneh aneh akan membuat balapan terasa hambar!

wasalam…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan