saat sore sore ane membersihkan motor kesayangan ane dan bapak lagi nyuci kendaraannya sehabis dipakai jalan keluar kota dengan santainya bapak ane bertanya tentang beda mur yang ada untu mengunci roda belakang!

katanya, “loh ko g ada disepeda motor le??”

nah setelah ane liat liat mur yang diaplikasikan oleh mobil yaitu model lancip ujungnya!

jadi tidak membutuhkan ring! atau penahan lagi!

modelnya seperti diatas!

nah tetapi untuk mur yang dipakai menahan roda belankang motor ane seperti ini:

malah  pake ringkan?? tapi model bautnya ada media yang mirip ring di murnya! sehingga kekuatan dari ring tergantikan oleh media tersebut yang sekaligus berfungsi untuk menahan beban!

sebenernnya mur tanpa ring mulai digemari karena lebih praktis, biasanya sang mekanik bingung meletakkan ring tersebut saat pemasangan komponen dan saat posisi ring tersebut.

ring ini berfungsi untuk media beban baut supaya baut lebih kuat menekan komponen mesin atau sasis! selain itu getaran yang ada dalam mesin atau komponen sasis menjadikan mur cepet longgar! nah dengan mengaplikasikan ring per maka mur akan lebih kuat menekan dan tidak mudah longgar! gitu..

tetapi dengan banyak model mur dilengkapi media yang melebar mirip dengan ring maka fungsi ring sedikit terpinggirkan! selain itu bobot kendaraan akan sedikit lebih ringan! xixixi

semoga bermanfaat dan tidak menolak untuk dikritik!

Iklan