bila kita membicarakan tentang kendaraan roda dua, maka embel embel sponsor oli atau pelumas pasti ada ‘disisi’nya. dengan kata lain pelumasan bagaikan darah yang mengaliri jantung motor kita, jadi tidak ada salahnya bila kita mengenalnya dan mempelajarinya, begitukan bro?

ok sebelum kita mengenal lebih jauh kita bahas dulu kenapa sih ko butuh oli ini motor???

pertama, motor kan merupakan komponen yang terbentuk dari berbagai komponen besi yang bersinggungan! nah dengan adanya oli komponen besi yang bersinggungan itu menjadi terlapisi!

dengan terlapisi maka memungkinkan komponen besi tersebut lebih awet, tahan panas, tidak terlalu berisik, menyalurkan panas untuk lebih merata, selain itu mengisi celah pada logam, membersihkan bagian dalam mesin, memberikan perlindungan karat dan tentunya awet!

ilustrasi perlindungan oli

ilustrasi perlindungan oli

ada 2 macem sistem pelumasan, kita bahas satu persatu yuk..

wet pump system

wet pump system

pertama adalah perlindungan oli sistem basah!

 selain pemanasan motor lebih cepat, sirkulasi oli pun lebih cepat, sederhana konstruksinya dan selain itu mudah untuk pengencekan kondisi oli!

sistem ini digunakan pada sepeda motor pada umumnya, layaknya honda supra, yamaha jupiter ataupun kawasaki blits.

dry pump system

kedua sistem pelumasan kering!

cara kerjanya cukup unik, dari penampungan oli mesin digunakan untuk melumasi bagian mesin kemudian didinginkan dioil cooler dan kembali kepenampungan dan kemali lagi untuk melumasi mesin!

*gambar dari pembelajaran sistem pendinginan motor yamaha!

semoga bermanfaat dan tidak menolak untuk dikritik!

Iklan