hohoho… lo lo.. ko ada peraturan sepak bola ya?????
eh ternyata salah… OFFSET—> ini yang ane maksudkan..
beberpa waktu yang lalu kita dikagetkan oleh motor honda blade yang memiliki teknologi ini…
tidak dapat dapat dipungkiri, ini teknologi jarang dipakai oleh beberapa motor, mungkin karena biaya produksi akan bertambah!!
biasa, “hemat bebs…” hahahaha
ok kita bahas yuks…
offset engine:
mesin yang sumbu silinder dengan sumbu poros engkol tidak segaris.
Tujuan offset engine untuk meningkatkan torsi mesin dan mengurangi gaya gesek piston ke dinding silinder saat langkah usaha.
Offset piston:sumbu silinder dengan sumbu piston tidak segaris.
Tujuan offset piston adalah bersama dengan offset engine untuk meningkatkan torsi mesin dan mengurangi gaya gesek piston ke dinding silinder saat langkah usaha.
Dari gambar tersebut dapat kita lihat bahwa pada sudut engkol yang yang sama (β = βo ), dan gaya yang mendorong piston yang sama (F = Fo), gaya kesamping offset engine lebih kecil dibandingkan non offset engine ( F2 > Fo2). Gaya yang memutar poros engkol lebih besar mesin dengan offset engine dibanding dengan non offset engine (F1 < Fo1).
tetapi ada hal yang harus diperhatikan..
“semakin besar offset, semakin kecil gaya yang menekan dinding silinder saat langkah usaha, namun gaya yang menekan dinding silinder saat langkah kompresi semakin besar”
jadi biasaya offset hanya 1 – 2 MM saja..
fakta lain adalah, piston cenderung lurus…
tidak miring, sehingga diding silinder/boring akan awet!
semoga bermanfaat dan tidak menolak untuk dikritik!
jadi tahu
alhamdulilah mas bro…
bermanfaat gan…pi keterangan gambarnya ditambahin lagi biar lebih jelas kayak aer putih dalam gelas heeehehehe beninkkkkkk