sebagaimana kita tahu, bahwa kehidupan otomotif semakin luas dan semakin modern, dulu dengan karburator berpindah dengan karburator dengan berbagai sensor dan sekarang karbrator mulai terpinggirkan dengan ada sistem yang lebih akurat dan lebih minim perawatan! yaitu sistem efi (elecctronic fuel injection)!

karena efi menjawab permasalahan untuk minim perawatan, maka efi ini berkembang dari masa kemasa…

ok.. kita buka satu satu bro..

L Jetronic

Kode L berasal dari bahasa Jerman “Luft” yang berarti udara. Pada EFI L Jetronic, kontrol injeksi dilakukan secara elektronik oleh Electronic Control Unit (ECU) berdasarkan jumlah udara yang masuk. Sensor untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam silinder adalah Air Flow Meter

D Jetronic

Kode D berasal dari bahasa Jerman “Drunk” yang berarti tekanan. Pada EFI D Jetronic, kontrol injeksi dilakukan secara elektronik oleh Electronic Control Unit (ECU) berdasarkan jumlah udara yang masuk. Sensor untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam silinder adalah Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP Sensor).

nah berdasarkan apa yang telah kita pelajari diatas, maka sebaiknya kita tidak melepas saringan udara motor injeksi, karena apa????

karena, bila saringan udara dilepas maka pembacaan sensor air flow meter dan manifold absolute presure sensor akan terganggu!

dan pada akhirnya yang terjadi adalah, campuran bahan bakar dan udara akan terlalu kaya/boros atau terlalu miskin/irit!

tentu akan mempengaruhi performa dalam jangka pendek dan keawetan mesin dalam jangka waktu lama..

semoga bermanfaat dan tidak menolak untuk dikritik!


 

Iklan