tahun 2011 sebuah kendaraan berjenis sedan yang bernama grand new corolla altis memperkenalkan diri dengan tekonologinyateknologi yang tidak sepenuhnya baru, tetapi hasil pengembangan dan inovasi!- bila kendaraan konvesional buka dan tutup katup digerakan oleh noken as maka tenaga yang kan dihasilkan tidak akan maksimal  karena buka tutup katup sama lebarnya saat mesin putaran rendah, menegah dan tinggi  padahal, saat putaran mesin rendah bahan bakar lebih sedikit yang dibutuhkan mesin. dan semakin banyak saat mesin putaran atas.

mesin vvti, sistem ini dikenal dibeberapa varian kendaraan seperti kijang inova maupun honda jazz, memiliki keunggulan yaitu dapat  mengatur pembukaan katup lebih lebar atau lebih sempit tanpa mengubah noken as! saat putaran mesin rendah maka pembukaan katup tidak terlalu  besar, sehingga bahan bakar yang masuk tidak terlalu banyak dan menjadikan lebbih irit serta torsi lebih besar. tetapi saat mesin putaran   mesin bertambah maka peembukaan katup in juga bertambah.

dual vvti, sistem ini mirip dengan vvti tapi yang membedakan adalah katup in dan ex diatur. tidak seperti vvti yang hanya fokus pada katup in saja.  dengan sistem dual vvti, konstruksi akan lebih mahal dan rumit, tetapi efisiensi bahan bakar dan tenaga akan lebih maksimal.
semoga bermanfaat dan tidak menolak untuk dikritik!!

Iklan