pengegerak katup!
ada beberapa  model penggerak yang pasti kita kenal, dari penggerak sistem OHV samai yang mutahir adalah DOHC(bukan warung DOHC xixixix)nah dengan perkembangan zaman, dengan adanya kebutuhan hidup yang semakin meningkat dan tentunya pemenuhan teknologi yang semakin mudah.maka, beberapa sistem penggerak katup berkembang dan terus menelurkan teknologi yang dianggap lebih baik dan lebih ekonomis.dari teknologi desmodromics yang ditenarkan oleh ducati dimotoGP, penggunaan katup pneumatis oleh yamaha team, ini membuktikan teknologi tetap berkembang.dari beberapa teknologi yang ada, di neraga kita hanya beberapa jenis penggerak katup yang dapat kita temui. namun, dari situ mungkin kita bisa melihat, mempelajari dan mungkin memberikan inovasi dari jenis penggerak katup yang ada.ok, kita bahas satu-satu..
– tipe over head valve (ohv)  tipe ini memiliki

– : suara keras dan kurang mendukung untuk putaran atas.

+ : baik untuk putaran bawah, kepala silinder ringan, dan mekanisme poros nok sederhana.  mesin kendaraan yang masih menggunakan ini adalah, toyota kijang 3k(kijang kotak)


– tipe over head camshaft (OHC)  tipe ini memiliki

– : berat keseluruhan mesn lebih merata, berat yang digerakan oleh mesin lebih ringan, dan baik untuk putaran mesin bawah maupun menengah.

+ : kurang begitu baik untuk putaran mesin atas, bila ingin melakukan pembongkaran camshaft lebih mudah.  tipe ini digunakan pad

Iklan