kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat membuat beberapa biker merasa gerah!

untuk  biker yang sering touring atau yang punya jarak tempuh dari kantor/atau tempat kerja dengan rumah cukup jauh menjadikanperanti ban lebih boros dari biasanya!!emmhh bila kita telusuri, ada banyak merek ban sepeda motor dengan berbagai ukuran, model, tipe dan harga tentunya!!beberpa merek luar dan dalam negeri berusaha memikat kita!ya dengan kelebihan an kekurangan mereka tentunya!pengalaman pribadi saat menggunakan ban IRC dan mizle saat touring yang dirasakan cukup nyaman dan tenang, nah pada waktu kanker(kantung kering xixixixi) terpaksa memakai ban negeri Ch*n*, wah murah sich.. modelnya bagus sich..tapi daya cengkeram terhadap aspal saat hujan tidak begitu baik..wah ko gitu ya?!?!

mungkin kompon nya kurang begitu lembut kali ya…tapi yang perlu diperhatikan adalah, kebutuhan ban tersebut!bisa saja dengan motor bebek menggunakan ban pacul(motocros)hehe alay..ada 3 fakktor penting dalam ban itu sendiri, antara lain:

– material –> bahan yang dugunakan dalam ban itu akan berpengaruh pada daya cengkeram keaspal!

– load –> daya angkut ban itu biasa tercantum pada beberapa jenis ban

– speed index –> tiap ban punya indek kecepatan, karana tiap ban punya keterbatasan dalam bekerja!

diban motor ane tertera 46S

46–> rosi wakakakak… maksudnya ini kode beban maksimal yang dapat dibawa (yaitu sebesar 170 Li)

s –> ini adalah indek kecepatan! (yaitu 180 kpj)
semoga bermanfaat dan tidak menolak untuk dikritik!