pada dasarnya suspensi adalah komponen yang bertugas meredam getaran, hentakan dari kondisi jalan yang dilewati oleh kendaraan tersebut sehingga menjadikan lebih nyaman! π
ok, untuk lebih jelas kita cek gambar berikut:
kali ini kita akan membahas suspensi tipe independen(bebas), yang dimaksud independen atau bebas adalah karena tiap roda kanan ataupun kiri tidak saling berhubungan atau satu poros.. π
suspensi depan!!! π
— tipe machpherson
ini adalah suspensi tipe bebas, perhatikan kanan dan kiri roda tidak saling menopang! setiap roda diberikan lengan(bagian bawah) + pegas + shock absorber! bagian tengah adalah bagian yang menempel kebody atau sasis kendaraan!
konstruksinya tidak terlalu rumit dan hanya digunakan pada kendaraan ringan seperti sedan.
— tipe machpherson dengan lengan berbentuk L
bedanya dari yang machpherson biasa adalah adalah tanpa adanya stut bar!!
mobil sedan sering menggunakan tipe ini.
— tipe double wishbone dengan pegas coil
suspensi ini memiliki kekuatan yang kokoh karena ada 2 lengan, bagian atas dan bawah, dengan begitu tekanan dari samping atas maupun depan dapat teredam dengan baik!!
biasa dipakai pada kendaraan penumpang!!
—Β tipe double wishbone dengan pegas batang torsi
pegas digantikan oleh pegas torsi yang berbentuk seperti pipa bulat memanjang, cara kerjanya dia akan berputar saat berpegas, daya putar balik itu merupakan daya pegasnya. izusu panther memakai suspensi ini.
— pegas daun paralel
ini sering dipakai pada kendaraan berat atau bermuatan!!
ini adalah suspensi bila kendaraan ini berpenggerak roda depan! suzuki katana memakai sistem ini.
suspensi belakang
— tipe daun pegas paralel
tipe ini dipakai pada kendaraan yang menekankan kekuatan! atau kendaraan angkutan barang!
truk, bis..
— tipe 4 link
ada 4 titik penopang yang membantu suspensi ini, lengan atas, lengan bawah, lateral control rod dan stabilizer!!
cukup nyaman, walaupun dengan gardan konvesional!! sedan lama sering menggunakan ini..
— tipe semi trailing
suspensi ini tergolong kuat!!
sehingga kedaraan penumpang sering mengaplikasikannya!!
— double wishbone
suspensi ini cukup kuat, sehingga banyak digunakan pada kendaraan penumpang!!
— tipe strut dual link
tipe ini lumayan lentur, lumayan nyaman, dan konstruksi ringan!
— trailing arm dengan twist beam
dengan model sederhana tetapi dengan kualitas redaman cukup baik dan ringan!!
— tipe pegas daun paralel dengan helper spring
ini mereupakan suspensi kendaraan bermuatan besar!!
semoga bermanfaat!!
π
izin copas gan tak simpen, bermangfaat sekali
silahkan juragan!!!!
π
artikelnya enak dibaca bos………………
alhamdulilah…
silahkan bos klo ada kritik dan saran..
wah .menambah ilmu nih.(saya selalu tertarik dengan dunia otomotif)
silahkan mas… insyaalah tiap 3 hari pasti ada artikel pembelajaran…
π
izin copas buat tugas makalah …
tQ….
and ku minta tolong post kan tentang prinsip kerja kemudi roda depan 4…
di tunggu
silahkan..
roda depan 4???? kayak milik tronton itu ya???
terimakasi atas informasinya
π
π
bro klo suspensi tank gimana, ad infonya ??
ok bro.. tantangan ini.. ane tanya pada yang tau dulu ya…
wah terima kasih banyak ya gan atas informasi`y
jadi`y sy bisa menyelesaikan tugas tentang suspensi,
hehehe,
siap!! laksanakan!!!
penjelasan dari jenis2 itu. mana gan….??
penjelasan dari masing2 jenis itu mana gan..