kopling merupakan komponen pelepas dan penyambung tenaga!
komponen ini bertugas sebagai ‘saklar’ baik secara otomatis maupun manual..
ada dua macam, kopling manual dan kopling otomatis!! π
ada perbedaan yang sangat nyata… bila motor tipe manual adanya tuas kopling distang sebelah kiri.. π hehehe..
ok, serius2… π
pada umumnya, motor kopling otomatis dilengkapi dengan 2 koling! dan motor dengan kerja manual menggunakan 1 kopling saja!!
kopling manual!!! π
diatas merupakan bagian2 dari kopling manual!!!
soal cara kerja, nanti Β kita bahas.. xixixixxi π
nomer 1 –> adalah rumah kopling (berhubungan dengan mesin/gigi primer/as kruk)
rumah kopling juga behubungan langsung dengan nomer 4 (kampas kopling)!
nomer 4(kampas kopling) –> bergesekan dengan nomer 5(plat penekan).
nomer 4 berhubungan langsung dengan nomer 3 (rumah dalam) dan nomer 3 langsung berhubungan dengan transmisi!!
π
jadi tenaga dari mesin –> nomer 1 –> nomer 4 –> nomer 5 –> nomer 3 –> transmisi!!!!
nah saat tuas kopling ditekan maka….
dan terjadi..
mekanisme kopling berkerja!!! π
kopling otomatis!! π
gambar diatas merupakan skema kopling otomatis..
secara kasat mata hampir mirip, untuk memperjelas, kita lihat gambar selanjutnya.. π
gambar diatas ada dua sistem kopling, bagian bawah adalah kopling primer(ini adalah kopling ganda/otomatis) dan bagian atas adalah kopling sekunder(ini mirip dengan kopling manual)
jadi cara kerjanya seperti ini:
dari mesin (poros engkol)–>kekopling ganda/kopling primer–>kerumah kopling sekunder–>kekampas kopling–>keplat penekan–>rumah kopling bagian dalam–>transmisi!! π
nah itu urutan kerjanya, untuk penjelasan secara rinci sedikit membutuhkan waktu dan sedikit membutuhkan perlakukan khusus… π
semoga bermanfaat bro..
π
yeahh……..ni dia………wkwkawkwakwa :))
π
apane sam??
[…] Susunan rumah kopling. Foto nyikat di https://agungsevi.wordpress.com/2011/01/26/belajar-kopling-motor/ […]