Jakarta – Penarikan kembali (recall) puluhan ribu Mitsubishi Triton di Australia ternyata juga berdampak pada populasi double cabin ini di Indonesia.

Dalam rilis yang diterima dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Jumat (4/6/2010), distributor varian ini di Indonesia, Mitsubishi di Indonesia juga akan segera melakukan recall terhadap produk tersebut.

Rencana recall dengan tema kampanye ‘Inspection Campaign’ untuk Strada Triton yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan Juni 2010 mendatang yang merupakan instruksi langsung dari prisipal mereka Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

MMC memerintahkan KTB untuk melakukan Field Fix Campaign untuk pemeriksaan dan pengencangan baut di upper arm ball joint depan Strada Triton dalam rentang produksi Februari 2007-Januari 2009.

Bagian inilah yang menjadi penyebab Mitsubishi melakukan penarikan lebih dari 42 ribu unit Triton di Australia.

Di Indonesia sendiri ada sekitar 11.000 unit Strada Triton di Indonesia yang akan masuk dalam rencana inspection campaign ini dan KTB akan segera mengirimkan surat ke para penggunanya.

Meski begitu, Mitsubishi mengatakan bahwa kampanye yang mereka lakukan ini hanya merupakan ‘Pemeriksaan dan Pengencangan Kembali’ (Inspection & Re-tighten) baut / bolt dan merupakan jenis service yang sederhana.
detik.com
Karena dalam populasi terbatas, ada indikasi baut / bolt tidak terpasang dengan kencang, sehingga inspeksi perlu dilakukan untuk memastikannya.

Strada Triton sendiri pertama kali diluncurkan pada bulan Mei 2007 dan hingga kini masih memimpin pasar di segmen ini dengan dominasi market share lebih dari 40%.

Varian terbaru Strada Triton telah diluncurkan pada akhir tahun 2009 dengan tipe-tipe antara lain Exceed AT, Exceed MT, GLS, GLS AB (Airbag), GLX and Single Cab GLX.