1. Siapin STNK dan SIM, jangan sampai ketinggalan ya gan..
  2. Jangan lupa sediakan uang receh buat ongkos tol dan parkir, kan kadang suka ada yang nggak tega tuh mecah uang 50 ribuan atau 100 ribuan.. hehehe
  3. Rencanakan rute perjalanan, sekalian jalan alternatif + gang tikusnya gan.. Buat ngehindarin macet.. hehe
  4. Perhatiin volume bensin gan.. Sekalian, lihat posisi lubang pengisian bensin sebelum jalan.. Pastiin sudah nutup..
  5. Periksa kondisi ban dan rem gan.. Kali agan suka pake nge-drift, lupa ganti ban.. hehe..
  6. Penting Gan, JANGAN MINUM ALKOHOL. Karena alkohol bisa mengurangi konsentrasi dan reflek mengemudi..
  7. Kalau lagi kurang sehat, jangan maksa nyetir mobil gan.. Ingat, penyakit ringan pun berpotensi mengganggu konsentrasi mengemudi.. Kan nggak lucu kalo nabrak gara-gara bersin.. hehe
  8. Agan mungkin beranggapan kalau minum kopi bisa membuat agan tetep melek waktu nyetir, tapi itu salah gan, karena sebenernya agan masih bisa tertidur walaupun skalanya kecil, yaitu sekitar 3-5 detik. Tidur sebentar beberapa detik juga bahaya gan kalo sambil nyetir..
  9. Perhatiin arah angin waktu memanaskan mobil di rumah. Asal tahu, di dalam gas buang terkandung polutan seperti karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (Nox), sulfur (Sox), serta timbal (Pb). Polutan yang terhirup bisa menimbulkan kanker paru-paru dan organ lainnya, selain itu juga bisa menyebabkan gangguan pernafasan gan..
  10. Jangan pernah nyetir mobil setelah agan mengkonsumsi obat-obatan, apalagi kalau obatnya ada kandungan aspirin (bikin ngantuk)
  11. Jangan lupa bawa TIGA ALAT WAJIB yaitu DONGKRAK, KUNCI BAN, dan LAMPU SENTER.
  12. Payung juga penting untuk dibawa gan..
  13. Pastiin kondisi baterai handphone agan sudah terisi penuh, telekomunikasi akan menjadi sangat penting waktu agan ada masalah di jalan.
  14. Jangan lupa bawa ban cadangan gan..
  15. Periksa kondisi lensa lampu depan dan jendela depan sebelum nyetir malam, bersihkan kalau berpotensi mengurangi daya pandang.
  16. Turunkan barang-barang yang nggak dibutuhkan ke luar kabin, hal ini akan mengurangi bobot dan bermanfaat untuk efisiensi bahan bakar.
  17. Kalau mata agan nggak bisa lagi membaca plat nomor dari jarak 20,5 meter, artinya agan sudah nggak layak mengendarai kendaraan. Bukannya kejam gan, tapi demi kebaikan.
  18. Atur posisi berkendara yang baik, duduk yang rileks dan senyaman mungkin.
  19. Cara memegang lingkar steer yang baik adalah menempatkan tangan di posisi jam 09.00 dengan 03.00, atau 10.00 dengan 02.00. Kondisi siku kedua tangan ketika menggenggam lingkar steer adalah 45 derajat-60 derajat.
  20. Posisi kaki waktu nyetir jangan terlalu jauh dari pedal, usahakan agar lutut masih tertekuk waktu pedal rem ditekan maksimal.
  21. Sebelum menghidupkan mobil, pastiin pintu sudah dikunci dan sabuk pengaman sudah dipasang. Be a good boy..!
  22. Bila berkendara bukan untuk tujuan yang penting, usahakan menghindari jam sibuk seperti pagi dan sore.
  23. Berkendara = Full time job (Konsentrasi lebih tinggi dibutuhkan saal melaju di jalan tol, karena jalannya yang relatif lurus akan menyebabkan efek mengantuk bagi pengemudi)
  24. Lajur paling kanan adalah wilayah untuk mendahului kendaraan di depan. Setelah mendahului, segera pindah ke lajur kiri.
  25. Kasih kesempatan kalau ada mobil emergency seperti ambulance, polisi, atau kendaraan dengan signal flashing lainnya dengan cara berpindah ke lajur kiri.
  26. Bagi wanita, hindari nyetir dengan sepatu bertumit tinggi karena akan mengurangi gerakan menginjak pedal.
  27. Airbag cuma bekerja maksimal kalau penumpang pake sabuk pengaman.
  28. Dunia mencatat setiap tahun, 2000 anak-anak terbunuh atau cidera fatal akibat kecelakaan karena kelalaian orang dewasa, makanya kalau nyetir jangan ngelamun gan..
  29. Airbag yang mengembang sangat berbahaya bagi anak-anak, jadi kalau bawa anak-anak, jangan didudukin di depan..
  30. Melaju dengan kecepatan 40-60 km/jam untuk dalam kota atau 80-100 km/jam untuk jalur luar kota/TOL akan memperkecil resiko kecelakaan dan menghemat konsumsi bahan bakar serta mengurangi polusi udara.
  31. Ketika hendak berpindah jalur pada kecepatan 100 km/jam, kita harus mengambil jarak minimal 50 meter dari kendaraan yang ada di depan atau belakang kendaraan kita.
  32. Kecepatan maksimum saat melaju di pemukiman = 48 km/jam, di luar pemukiman = 64 km/jam, jalan utama = 96 km/jam, TOL = 112 km/jam
  33. Ketahuilah sudut putar kendaraan agan-agan sekalian supaya bisa memperkirakan posisi ideal waktu ingin berputar arah.
  34. Waktu kejebak macet, atur jarak dan kelurusan mobil agan-agan sekalian dengan kendaraan di depan. Kasih sedikit ruang di sisi kiri atau kanan untuk memberi jalan ke pengendara sepeda motor. Itung-itung supaya mobil nggak kegores motor gan.. hehee
  35. Biasakan kasih tanda lampu sinyal saat ingin manuver berpindah jalur.
  36. Hidupkan lampu utama pada saat hujan lebat atau kabut, meskipun pada siang hari.
  37. Jangan biarkan kabel kelistrikan mobil agan-agan sekalian terjuntai di ruang mesin, untuk menghindari kebakaran.
  38. FAKTA : MENGGUNAKAN AC DENGAN MENUTUP JENDELA LEBIH MENGHEMAT BBM KETIMBANG MEMBUKA JENDELA TANPA MENGAKTIFKAN AC.
  39. Mendengarkan musik sambil nyetir memang nikmat, tapi atur volume-nya agar tetap bisa mendengarkan suara lalu lintas di luar kabin.
  40. Kalau berpergian jauh, usahakan untuk membawa senjata seperti PISTOL, PISAU, DOUBLE STICK, BASEBALL STICK, dll. Ini hanya untuk alasan keamanan.

kaskus.us

Iklan