1. Teman yang sejati adalah yeman yang bersedia mendengarkan segala macam cerita dan keluh kesah temannya. Oleh sebab itu, jadilah pendengar yang baik untuk teman-teman Anda. Jika mereka membutuhkan masukan, berilah pendapat Anda secara perlahan-lahan tanpa bersikap menggurui. Lalu, pastikan teman Anda mau mendengarkan nasihat Anda.

2. Belajarlah menghargai segala macam perbedaan sifat teman Anda. Ingat setiap orang memiliki berbagai macam kepribadian yang berbeda. Cobalah mengerti bagaimana karakter teman Anda. Jika Anda mengalami perbedaan pendapat, selesaikanlah masalah tersebut dengan baik-baik. Sebab, semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

3. Jagalah baik-baik kepecayaan yang telah diberikan oleh teman Anda. Jangan pernah sekali pun Anda membocorkan rahasia penting teman Anda. Apalagi yang berupa aib. Banyak kejadian teman berubah menjadi musuh karena telah membocorkan rahasia penting temannya.

4. Jadilah teman yang selalu siap memberikan dukungan. Jika teman Anda melakukan kesalahan, jadilah orang pertama yang menyemangatinya. Jika perlu sebisa mungkin Anda jangan menyalahkannya. Berilah teman Anda motivasi agar dapat bangkit dari kesalahannya.
5. Jangan jadikan teman Anda sebagai saingan terberat Anda. Hilangkan perasaan iri atas keberhasilan teman Anda. Jadikanlah rasa iri tersebut sebagai cambuk bagi Anda agar berbuat lebih baik lagi. Lalu, jangan lupa ikutlah berbahagia dengan keberhasilan yang telah dicapainya.

6. Jangan pernah ragu untuk minta maaf pada teman saat Anda melakukan sebuah kesalahan padanya. Setelah itu, berusahalah perbaiki kesalahan Anda. Begitu pula sebaliknya, berikanlah maaf dan lupakan kesalahan teman Anda jika ia bersalah.

sumber: kaskus.us

Iklan