kemaren kita belajar tentang fungsi dan bagaimana prinsip kerja dari pada karburator!

nah sekarang kita akan membahas beberapa sistem yang bekerja dalam sebuah karbutor!

ini adalah tugas dari karbu itu sendiri.

Tugas – tugas
Mengatur jumlah campuran yang masuk pada motor = Katup gas ( Throtle valve )
Mencampur bensin dan udara sehingga terjadi pengabutan yang halus = Ruang pencampur/ Venturi / Pipa pengabut / Nozle
Membentuk perbadingan campuran yang sesuai sehingga mengakibatkan daya motor tinggi dan pemakaian bahan bakar irit:
– Sistem idle
– Sistem utama
– Sistem pelampung
– Sistem percepatan
– Sistem pengaya
– Sistem cuk
dari model arah aliran udaranya ada tiga macam, yaitu:

nah ini sering kita jumpai pada kendaraan konvensional, arah udara dari bagian atas karburator. masuk kearah bawah bertemu bahan bakar pada vnturi dan masuk kedalam ruang bakar!

nah yang ini model yang lawas(dulu), aliran udara dari bawah. karena aliran udara dari bawah menuju keatas maka akan ada pengaruh yang signifikan terhadap gaya grafitasi.

kendaraan model lama yang cenderung memakainya.

yang model ini adalah sering dipakai oleh sepeda motor!

lumyan sederhana, tetapi dalam kurun tahun 2010 keatas akan segera digantikan oleh euro!

injeksi maksudnya.

Jenis venturi

venturi adalah lubang yang menyempit didalam ruang aliran udara pada karburtor berfungsi menambah kecepatan aliran udara

venturti jenis tetap

ini model karburator yang sering dipakai kendaraan roda empat!

yang ini sering digunakan pada sepeda motor!

sementara ini dulu ya….

penulisnya mau kuliah dulu,,

hehe

Iklan