nah saat kita mendengar kendaraan roda 2 atau roda 4, maka kita akan sering melihat tentang sistem pengapian. secara langsung maupun tidak langsung kita juga sering mendengar pengapian racing, nah ada yanga tahu jenis pengapian ini??? ada yang tahu jenis nya??

nah, disini akan kita bahas. walaupun tidak banyak, tetapi semoga dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi temen-temen semua.

pada dasarnya, pengapian racing tidak beruha-ubah tegangannya. tetapi waktu pengapian itu dapat berubah-ubah sesuai dengan keadaan mesin tersebut.

maksudnya adalah, waktu pengapian pada kendaraan tidak pada posisi top silinder(piston)/TMA. tetapi saat piston hampir menuju top silinder.

kenapa sih ko pengapian sebelum TMA?? nah yang ini sedikit beda, seperti yang kita ketahui bahwa nyala api juga membutuhkan waktu/masa untuk mulai menyala dan mulai mati. dengan penyetelan sebelum pengapian TMA maka diharapkan mulai mulai menyala sehingga saat piston TMA nyala api maksimal(tekanan besar) dan saat piston berada setelah TMA maka nyala api mulai redup dan mulai mati.

nah ini merupakan dasar dari pengapian mengapa sesalu sebelum TMA, keadaan ini sangat dipengaruhi oleh kecepatan motor, pembukaan katup gas. untuk pembukaan katup gas seperti diaplikasikan pada kendaraan Yamaha Jupiter MX (TPS) dan TVS Apache (RTR klo g salah) hehe

nah untuk pengapian racing, maka ada sedikit perbedaan.

saat mesin motor berputar, maka perputaran itu akan membutuhkan waktu. sebagai contoh, saat kita mengelilingi sebuah lapangan bola voli dengan kecepatan 1m/s, maka akan sangat berbeda jika kita menggunakan kecepatan 3m/s bukan???

dengan kecepatan 1m/s maka lapangan tersebut akan sedikit lama bila dibandingkan dengan kecepatan 3m/s (yang dibutuhkan untuk mengelilingi lapangan tersebut)

nah ini juga sama dengan pengapian dalam mesin, semakin banyak RPM maka semakin sedikit waktu untuk api (mulai nyala dan mulai mati, ingat??)

semakin jauh dari TMA akan membuat waktu api untuk menyala dan menjadikan tenaga mesin yang kompetitif.

nah jika RPM mesin naik turun maka waktu pengapian pun berubah-ubah.

nah itulah sedikit penjelasan tetang pengapian mengapa ko terus berubah-ubah.

Iklan