pada karburator, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

main jet dan oilot jet wajib untuk dilepas dan dibersihkaan.

selain itu ada beberapa komponen yang memaang wajib untuk diperiksa, antara lain:

pompa percepatan. sistem ini dapat mensuplai bahan bakar saat pedal gas diinjak secara tiba-tiba.

yang kanan adalah yang mempunyai performa baik, dan yang kiri sebaliknya.

sistem cuk, ini juga saat penting saat menghidupkan mesin dalam keadaan mesin dingin………..

celah busi!

celah busi / Celah elektroda biasanya 0,7 – 0,8 mm ( lihat buku manual / katalog busi )

Celah elektroda terlalu besar akibatnya :
Kebutuhan tegangan untuk meloncatkan bunga api lebih tinggi. Jika sistem pengapian tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut, motor mulai tersendat-sendat pada beban penuh
• Isolator-isolator bagian tegangan tinggi cepat rusak karena dibebani tegangan pengapian yang luar biasa tingginya
• Motor agak sulit dihidupkan
Celah elektroda terlalu kecil akibatnya :
• Bunga api lemah
• Elektroda cepat kotor, khusus pada motor 2 tak
Dikeluarkan

ulir dari busi dan blok harus diperiksa.

bila ada ulir yang rusak, maka harus diperbaiki atau diganti untuk mencegah kebocoran kompresi.

ilde.

ini adalah putaran dimana putaran mesin berputar tanpa beban.

700RPM untuk 4 silinder.

semakin banyak silindernya maka semakin sedikit jumlah rpm idle nya.

Persyaratan penyetelan idle
Sebelum menyetel idle, kontrol saat pengapian, celah katup, sistem ventilasi karter dan saringan udara. Sewaktu penyetelan, motor harus pada temperatur kerja, tetapi jangan terlalu panas. Penyetelan campuran idle harus dilaksanakan saat saringan udara terpasang.

Iklan