emh… yamaha scorpio muncul sekitar tahun 2003 sedikit membuat pecinta otomotif meliriknya.. ya walaupun ada yang mencibirnya. but, nothing wrong-lah……………….

motor berkapasitas 223cc ini menpunyai konfigurasi unik, dengan diameter x langkah : 70 x 58 mm, ini sangat terlihat jelas bahwa kendaraan ini ingin “dimaksimalkan”pada putaran  atas. dengan teknologi SOHC (single overhead camshaft) hanya memiliki 1 poros engkol untuk menggerakan katupnya, ini terbilang sangat sederhana. dan sebagai tambahan sangat lazim pada umumnya layaknya motor yang beredar dinegara tercinta ini.

dengan menggunakan suspensi belakang tunggal dengan jenis monocros yang diklaim pabrikan sebagai suspensi yang dapat meredam hentakan yang diterima roda belakang produk yamaha yang satu ini memang terlihat beda, dari pada honda tiger, maupun bajaj pulsar… kelebihan ini juga merupakan kelemahannya, yaitu kualitas pegas/per yang kurang mumpuni dalam segi pemakaian beban berat maupun jangka waktu yang panjang!

tenaga yang dikeluarkan 19PS pada putaran mesin 6000RPM serasa hambar bila kita sandingkan dengan kemampuan sasis yang dirasa kurang kuat/kaku. putaran bawah dan menegah dapat dimaksimalkan tetapi pada putaran atas, kesetabilan kendaraan sedikit diragukan. selain itu, getaran pada setang membuat pengendara lebih cepat merasa lelah dalam mengendarai si pio(scorpio).

belum lagi masalah kenalpot yang sering menembak “dar der dor”, mengerikan bila kita tiba tiba menutup grip gas, suara itu akan muncul!

tetapi, ada hal posistif yang dapat dibanggakan, seperti kemampuan akselerasi yang mantap, harga komponen yang bersahabat untuk ukuran motor sport, tidak terlalu banyak yang punya, hehehehehe

keep roling our pio, keep safety firts..

Iklan