sistem pendingin..

bila kita melihat beberapa kendaraan sekarang, maka akan melihat beberapa kendaraan yang dilengkapi dengan pendingin air..

seperti yamaha dengan v ixion, mx, xeon. honda dengan vario, sc1, cbr 150. kawasaki dengan wakil ninja 150 dan 250!!

nah ada baiknya kita belajar dikit tentang ini..

oke..

keterangan gambar:

1. mesin

2. selang air

3. selang air

4.  radiator

5. termostat

6. pompa air

7. kipas angin

8. tutup radiator

9. reservoir

ok, setelah kita kenal beberapa bagiannya, kita cek aja komponen satu persatu..

sebenarnya gambar diatas adalah gambar sistem pendinginan mesin mobil, tapi intinya sama dengan motor!! :-D

mantel air–> bagian ini adalah berada didalam mesin, bagian ini adalah bagian pengganti sirip mesin!!

panas yang dikeluarkan oleh mesin diserap oleh air atau cairan pendingin untuk didinginkan diradiator. bagian yang ditunjuk dengan anak panah hijau adalah bagain mantel air itu..

selang air–> komponen ini adalah bagian dari sistem pendingin yang berfungsi untuk menyalurkan air pendingin dari mantel air ke radiator atau dari radiator ke mantel air.

radiator–> bagian ini adalah bagian yang mendinginkan air pendingin mesin dengan hembusan udara.

gambar yang ditunjuk warna hijau –> ini adalah tutup radiator, bagian ini adalah berfungsi sangat vital saat mesin sangat panas ataupun sangat dingin.

gambar yang ditunjuk warna merah –> radiator!!

gambar yang ditunjuk warna biru –> adalah reservoir! komponen ini berfungsi sebagai penampung air pendingin pada saat mesin sangat panas dan pada saat dingin reservoir menambahkan air pendingin pada radiator!

termostat–> ini adalah bagian dimana air pendingin dikontrol apakah air waktunya keradiator apakah tidak..

pada saat mesin dingin maka air pendingin dari mantel mesin–> pompa air –> termostat(masih tertutup) –> dan air pendingin kembali kemesin!!  jadi air pendingin tidak bisa keradiator karena untuk mempercepat tercapainya suhu kerja mesin lebih cepat!

pada saat mesin panas maka air pendingin dari mantel mesin–> pompa air –> termostat(terbuka) –> radiator –>dan air pendingin kembali kemesin!!  jadi air pendingin  bisa keradiator karena untuk mempercepat mendinginkan suhu cairan pendingin!

termostat termbuka saat suhu mesin pada suhu kerja(92 derajat celcius),, jadi sebelum suhu tersebut tercapai, maka air pendingin hanya bersirkulasi dimesin dan setelah suhu tersebut tercapai maka air pendingin akan menuju keradiator.

kipas pendingin–> kipas ini adalah berfungsi untuk mendinginkan air pendingin dalam radiator! untuk beberapa kendaraan kipas ini dibantu dengan kipas elektrik.

tutup radiator –> ini adalah tutup radiator, bagian ini adalah berfungsi sangat vital saat mesin sangat panas ataupun sangat dingin.

pompa air –>komponen ini adalah komponen yang digunakan untuk memaksa air pendingin bersirkulasi dari mesin/mantel air sampai radiator. dan dari radiator sampai mesni/ mantel air.

semoga bermanfaat!! :-D

About these ads