kopling merupakan komponen pelepas dan penyambung tenaga!

komponen ini bertugas sebagai ‘saklar’ baik secara otomatis maupun manual..

ada dua macam, kopling manual dan kopling otomatis!! :-D

ada perbedaan yang sangat nyata… bila motor tipe manual adanya tuas kopling distang sebelah kiri.. :-D hehehe..

ok, serius2… :-D

pada umumnya, motor kopling otomatis dilengkapi dengan 2 koling! dan motor dengan kerja manual menggunakan 1 kopling saja!!

kopling manual!!! :-)

diatas merupakan bagian2 dari kopling manual!!!

soal cara kerja, nanti  kita bahas.. xixixixxi :-D

nomer 1 –> adalah rumah kopling (berhubungan dengan mesin/gigi primer/as kruk)

rumah kopling juga behubungan langsung dengan nomer 4 (kampas kopling)!

nomer 4(kampas kopling) –> bergesekan dengan nomer 5(plat penekan).

nomer 4 berhubungan langsung dengan nomer 3 (rumah dalam) dan nomer 3 langsung berhubungan dengan transmisi!!

:-D

jadi tenaga dari mesin –> nomer 1 –> nomer 4 –> nomer 5 –> nomer 3 –> transmisi!!!!

nah saat tuas kopling ditekan maka….

dan terjadi..

mekanisme kopling berkerja!!! :-D

kopling otomatis!! :-D

gambar diatas merupakan skema kopling otomatis..

secara kasat mata hampir mirip, untuk memperjelas, kita lihat gambar selanjutnya.. :-D

gambar diatas ada dua sistem kopling, bagian bawah adalah kopling primer(ini adalah kopling ganda/otomatis) dan bagian atas adalah kopling sekunder(ini mirip dengan kopling manual)

jadi cara kerjanya seperti ini:

dari mesin (poros engkol)–>kekopling ganda/kopling primer–>kerumah kopling sekunder–>kekampas kopling–>keplat penekan–>rumah kopling bagian dalam–>transmisi!! :-D

nah itu urutan kerjanya, untuk penjelasan secara rinci sedikit membutuhkan waktu dan sedikit membutuhkan perlakukan khusus… :-)

semoga bermanfaat bro..

:-D

About these ads