ketika saya masih galau naik pio 225 memang merasakan beberapa kanehan terutama sistem peredam kejutnya.

saya kira itu baik baik saja, setelah saya gali dan mencari beberapa sumber dan ternyata sekok belakang saya rusak. sakit hati ini.. xixi

saya beranikan tanya ke beberapa temen pio 225, ternyata sungguh mengagetkan, banyak dari mereka telah ganti sekok belakang dengan sekok bawaan atau bahkan beberapa merek lain, yss atau apalah..

karena salah satu kelemahan pi0 225 adalah kekuatan sekok belakang, yang saya tangkap dari masalah ini adalah R nD yamaha menerapkan konstruksi yang kurang pas, sehingga sekok bekerja diluar batas kewajaran dan tidak awet.  kalau saya boleh urun rembuk, motor pio 225 dilengkapii dengan monocross seharusnya tahan banting dan kuat, ternyata??

ada kemungkinan sistem monocross harus ditopang dengan sekok yang lebih baik, dengan kata lain memang ada kesalahan perhitungan kekuatan bahan pada sekok pio 225. dan mungkin yang harus saya sadari saya belinya motor seken, maklum masih terlalu  mahal untuk ukuran motor baru! xixixi

belajar touring

belajar touring

saat tahu bahwa sekok saya juga salah satu korban suntika dalah saat mlihat ada sosok aneeh pada tabung sekok saya yang kurang rata (seperti cacat) dan ternyata itu adalah sala satu bekas suntikan.

penasaran, apa yang disuntik??

hehe

biar wis… pokoknya tabung ini juga sangat penting, tidak hanya ulir saja yang berperan dalam keseimbangan kendaraan.

yang biasa dipermak adalah bagian ini, tabung sekok!

tahu fungsinya?? supaya pantulan per dari sekok tidak mentul mentul, atau berfibrasi berlebih. sehingga pantulan setelah melawati jalan bergelombang bisa segera berakhir. istilahnya rebound(kembali memantul), yang berlebihan.

cara kerjanya, pada saat motor melewati jalan bergelombang maka sekok akan bekerja, naik sehingga oli dalam tabung akan terpompa kebagian atas melawati celah besar, pada saat per kembali memantul oli pada tabung bagian atas akan pindah kebawah denganukuran lubang yang lebih kecil, sehingga aliran oli akan sedikit terhambat. ini penyebab per lambat kembalinya dan tidak mentul mentul/ rebound berlebih.

intinya, per untuk diatur untuk tinggat keras empukya saat turun, dan tabung ini diatur utuk cepat atau lambatnya sekok itu memanjang.

semakin enceer oli yang dipakai, semakin mentu mentul dan sebalinya, semakin kental olinya semakin lambat pula gerakan per tersebut.

 

Ducati 1199 Panigale S 2012

salah satu varian terbaru dari ducati ini memang cukup menyita perhatian berbagai kalangan, tidak hanya karena power mesin yang mencapai 195 HP pada 10750 RPm tetapi tubuh motor yang kompak kecil tetapi beringas!

sporty banget memang dengan tetap menelurkan gaya single arm layaknya varian ducati terdahulu motor iini terlihat bersih dan rapi.

tapi ngomong ngomong mirip mio, single arm xixixixi

yang jelas tidak hanya ppower mesin yang berpengaruh, tata cara berkendara juga berpengaruh besar, jadi ini hanya sharing ajach…

MV Agusta F4 RR 2012

menjadi yang ketiga, motor dengan model full eropa ini memang akan membuat siapapun melirik, karena apa?

super eksotis!!

manteps… dengan kekuatan mesin mencapai 201 HP pada 13400 RPM menjadikan mesin dengan balutatn bodi erotis ini cukup liar ditangan pemula!

tidak banyak cingcong, motor ini memang tidak ditakdirkan turun penuh dibalap resmi, ya karena super mahal, motor ini juga terkadang limited. dan tentunya akan lebih mahal biaya oprasionalnya, mending pake mopang! moge moge mopang dikenal lebih bandel dan lebih murah! tapi bukan murahan ehmalah sponsoran rek.. xixixi

NCR M16 2012

motor ini bukan pure dikembangakan dari 0, tetapi ini adalah versi dari ducati yang telah dikembangkan dengan penambahan dan pengurangan beberapa komponennya.

dengan mesin asli     Ducati Desmo16RR motor ini dibekali dengan seperngkat alat solat eh.. piranti carbon, dengan alasan lebih ringan dan lebih baik dalam penyaluran panasnya.

mirip bajaj 220 ya??? hehe

dengan tenaga 200 HP di 7600 RPM motor ini pastilah liar dan tentunya dengan bobot motor yang lebih ringan, tentunya ini mainan berbahaya bagi sang pemula!

 

 

beberapa tempat kalau sudah sore hari pasti diramaikan oleh kegiatan ngabuburit iya kan??

beberapa sudut kota saya maupun bro semua pasti terasa sama, heran juga sama kegiatan ngabuburit ini, apa maknanya?? ko kayaknya kurang mantep ya??

selayang pandang, kegiatan ini hanya jalan jalan atau mamerin motor baru ditempat tongkrongan, bener g??

saya g sempat memfoto kegiatan ngabuburit disudut kota saya, ya karena lebih baik saya cepat pulang dan bersua dengan istri saya. *palingan foto saya nanti akan sama dengan ngabuburit ditempat bro semua.. hehe

tapi yang saya heran saat adzan magrib berkumandang, mereka kayak balapan mau pulang atau mau cari tempat berbuka!! hadeww.. ini yang paling g suka!!  bikin kecelakaan meningkat, selain faktor kessabaran, kondisi letih seharian berpuasa juga akan berpengaruh looo

memang puasa puasa gini harus sabar, tetapi tidak semua biker bersabar… jadi sama sama puasanya belum tentu sama sabarnya..

 

hehe taraa muncul lagi saya..

memang bila ngomongin peranti ini tidak ada habisnya,

langsung aja ya..

giliran grip gas terus dipuntir maka kevakuman dalam mesin akan meeningkat, dan tentunya skep akan terbuka penuh. karena skep terbuka penuh maka udara semakin lancar lewatnya dan mesin semakin meraung-raung.. hehe

ini sebabnya karbu vakum terkesan lemot. lambat, karena skep vakum membuka lebar sesuai dengan kevakuman mesin.. ini dalah kelemahan nya, kurang agresif getoo

karena skep vakum membuka sesuai dengan kevakuman mesin, maka kecepatan membukanya disesuiakan demi efisiensi bahan bakar, makanya irit.

salam…

mohon maaf karena kegiatan yang tidak bisa diganggu gugat, atrikel ini sepotong potong ..

*kayak roti ultah ajachh.. hehe

berikutnya pada saat putaran menegah,

saat putaran mesin meraung sekitar 3000 sampai 6000 RPM maka kinerja karbu vakum ini berubah

posisi saat ini adalah grip gas diputar setengah, maka skep gas pun akan membuka separuh atau kurang sedikit bahkan lebih sedikit.

hal ini jelas memberikan perbedaan tekanan dalam karburator, sehingga skep vakum pun bergerak keatas karena daya hisap mesin tersebut.

dari sinilah campuran bahan bakar melewati venturi karbu, dan tentunya campuran tersebut lebih banyak dan tentunya putaran mesin akan terus menanjak.

kenapa ko skep vakum bisa naik seiring putaranmesin??

iya, karena ada ruangan khusus yang akan terhubung pada bagian mesin (lebih dekat kemesin untuk mendeteksi kevakuman mesin)  saat vakum mesin naik/putaran semakin tinggi maka semakin tinggi pula naiknya skep vakumnya.

 

memang tidak bisa pungkiri keberadaan teknoligi electro semakin menjamah teknologi otomitif.

tidak hanya sistem penerangan, atau pengapian, tetapi juga sistem bahan bakar. efi adalah salah satu teknologi andalan dan mampu memberikan kinerja yang lebih baik. tetapi bukan berarti tidak memiliki celah  kelemahan. untuk sebagian orang yang berfikir  sederhana, efi lumayan ribet, tetapi untuk beberapa orang efi sangat membantu dan cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar.

hal ini saya mencoba membahas sedikit tentang teknologi karburator yang mungkin akan punah dikemudian hari, tidak ada salahnyakan?? hanya untuk berbagi saja!

salah satu jenis karbu yang sering menjadi faforit banyak pabrikan adalah karbu vakum, kita bisa melihat scorpio, tiger, ninja250, bajaj pulsar masih setia dengan piranti karbu vakum. oowww kenapa tidak pakai karbu skep atau karbu biasa??

salah satu keunggulan karbu ini adalah mampu memberikan asupan campuran bahan bakar dan udara sesuai dengan kebuttuhan mesin.

ko bisa??

mari kita lihat,

bagian skep yang tertarik kabel gas tau kan posisinya??

klo belum tahu ini posisinya

nomer 13 itu adalah skep atau trotlhe valve yang akan terbuka seiring grip gas yang dipuntir

pada gambar yang pertama (atas sendiri) adalah posisi mesin idle atau putaran mesin tanpa beban, jadi posisi skep gas hanya terbuka sedikit yang memungkinkan mesin hidup tanpa memelintir grip gas.

pada saat posisi itu campuran bahan bakar dan udara melewati celah sempit dan hanya sedikit saja untuk sekedar mesin hidup saja.

pada saat posisi ini pilot jetlah yang paling berperan.

saat surfing ke beberapa situs luar negeri, ternyata ada beberapa mesin dengan kemapuan output tenaga yang luar biasa!!

serem banget ni motor bila dikendarai jalan raya, dengan kondisi jalan yang jauh lebh baik dari kualitas aspal lokal motor ini bukan motor yang main main dengan kualitas berkendara sang rider yang asal asalan.

salah satunya

Marine Turbine Technology (MTT)

motor dengan mesin buatanRolls Royce Allison gas turbine in i memang hebat, dengan kemampuan mesin 320 HP bahkan bisa up grade sampai 420 HP motor ini selayaknya monster jalanan yang dapat mendahului kompetitor lain. maklum motor ini dengan transmisi otomatik menjadikan pemindahan tenaga halus ketika meluncur, ya mirip naik beat lah.. xixixi

tenaga 320 HP ini keluar dikisaran 6000 RPM, wah terlihat layaknya mesin mobil bukan? tidak heran rolls royce memang sering membuat kendaraan roda empat dari pada motor. dan tenaga sekuat ini melebihi ducati GP12 ataupun Yamaha M1!! beberapa situs tidak mau menjeberkan berapa cc motor ini tetapi mesin yang digunakan adalah tipe turbin, mirip dengan pesawat terbang!

Suzuki GSX-R 1000 2012

waw.. modelnya nya bagus, eksotis.. manis dan menantang

malah lekuk bodinya mirip dengan motor motor eropa, meliuk liuk kayak ular kadut.. wakakkkakakak

ternyata mesinnya bisa mengeluarkan 201.1 HP di 12000 RPM!

emmhh cukup binal untuk motor jalanan dengan kubikasi 100o cc motor ini tidak bermain aman dikelasnya, ada CBR, R1, KZX dan varian BMW 1000 SR yang cukup superior diajang WSBK!

power bukan segalanya dech….

komposisi handling dan power memang menjadi salah satu penentu kemenangan disebuah kompetisi, apa lagi sekelas WSBK!

 

 

untuk sebagian biker pelicin mesin atau oli ya pokok licin..

xixixi kayak apa aja pelicin… terserah mau pake apa dan jenis apa, yang jelas fungsi oli mesin tidak sekedar pelicin doank lo..

pelumasan/pelicin

pelumasan/pelicin

tidak hanya melicinkan, tetapi meresap dan masuk kecelah celah mesin dan komponennya sehingga dapat melindungi gesekan antar komponen mesin atau antar logam.. jadinya mesin tambah awet.. dan mesin lebih halus suaranya..

*tergantung kekentalan oli juga looo..

pendingin

pendingin

nah pada taukan klo mesin itu pusat dari pembakaran, pemampatan tekanan dan gesekan, maka yang akan terjadi adalah panas.

panas mesin memang alamiah terjadi, makanya panas tersebut harus dikontrol dan dimanfaatkan. dikontrol dengan kata lain yang dibuat tidak over, salah satu metode yang dipakai untuk pendinginan adalah pelumas.

*oil cooler pada bajaj 220 dan satri FU salah satunya

perapat

perapat

aneh ya???

emang seal jadi perapat.. tetapi bila tidak ada oli, maka celah pada ring piston dan piston akan lebih longgar dan kompresi akan bocor. jadi dengan adanya oli mesin kompresi diruang bakarpun lebih baik.

detergent

detergent

hehe benar, untuk pembersih.. karena apa? panas yang dihasilakn mesin membuat oli tertentu mengendap dan mengerak.. maka ini tugas baru untuk oli baru untuk membersihkanny..

mesin bersih, tarikan mantaps, bensin lebih irit…

g hanya licin bukan???

 

beberapa personal memang punya gaya atau ekspresi berbeda dalam menyikapi hal baru ataupun masalah baru.

berhubung blog ini hanya bisa ngobrolin motor ya kita ngumek motor ae lah.,.

waw...

waw…

baru baru ini jupiter injeksi memang lagi meledak, dalam artian sedang digembar gemborkan oleh sebagian orang. baik penjualnya sendiri (mencari keuntungan finansial) dan para penulis internet (mencari keuntungan popularitas) sama saja keduanya, tetapi memiliki prioritas yang berdeda.

jupiter baru ini digadang gadangkan memiliki power yang cukup alay, 10 PS (keuntungan tersendiri untuk para alayer). wah hebat ya?? 110 cc bisa memiliki out put tenaga 10 PS!! apa yang dikorbankan kira kira???

konsumsi bahan bakar??

komposisi metal dari mesin??

atau keawetan dari suku cadang??

dengan pengaplikasian injeksi bahan bakar mungkin bisa lebih irit, dan dengan penggunaan diasil silinder bisa lebih awet, beberapa sumber menyatakan motor ini penggunakan teknologi salah satu motor special engine untuk komponen as krek-nya.

wah inikah jawaban dari gempuran blade, supra dan revo???

entahlah..

harapan saya dengan motor yang baru ini, para pengendara jupiter injeksi ini tidak sok lebih (maklum 10 PS) hehehe…

inget jalanan bukan sirkuit, jadi slow ajach….

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.